Kenali dan Deteksi Sejak Dini Penyakit Jantung Bawaan, Jangan Diabaikan!

JABAR EKSPRES – Penyakit bawaan pada jantung adalah suatu kelainan yang terjadi sejak lahir dan berdampak pada struktur dan fungsi jantung.

Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada sekitar 1% kelahiran di seluruh dunia.

Tingkat keparahan penyakit jantung bawaan dapat bervariasi, mulai dari kelainan ringan yang tidak menunjukkan gejala hingga kondisi yang mengancam nyawa dan memerlukan penanganan segera.

Menurut laporan dari Times of India, Tapan Kumar Dash, Direktur Klinis dan Kepala Departemen Bedah Kardiotoraks Anak di Rumah Sakit Care Banjaran Hills, Hyderabad.

Baca juga : Wajib Tahu! Penderita Ambeien Tidak Boleh Makan Lima Buah Ini

Menjelaskan bahwa biasanya diagnosis penyakit ini dapat di lakukan saat bayi masih dalam kandungan atau bahkan sebelum kelahiran.

“Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat terdeteksi selama pemeriksaan rutin menggunakan ultrasonografi prenatal,” ungkap Tapan Kumar.

Dengan demikian, dokter dapat memantau perkembangan jantung bayi dan merencanakan perawatan dan pengobatan yang tepat setelah kelahiran.

“Bayi yang baru lahir dengan penyakit jantung bawaan dapat menunjukkan berbagai gejala. Tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kelainan tersebut,” tambahnya.

Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Gejala penyakit jantung bawaan meliputi mudah marah, tangisan yang sulit ditenangkan, napas yang cepat, keringat berlebihan, kesulitan makan, dan pertambahan berat badan yang lambat.

Beberapa bayi juga mungkin mengalami perubahan warna kulit menjadi kebiruan (sianosis).

Selain itu ada penumpukan cairan di dada, pembengkakan kaki, serta denyut nadi yang tidak normal atau cepat.

Pada anak-anak dan remaja yang lebih tua, penyakit ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka, menyebabkan kelemahan, kelelahan, dan sesak napas saat melakukan aktivitas normal dan olahraga.

Beberapa anak juga mungkin mengalami nyeri dada, pusing, atau pingsan.

Deteksi Sejak Dini Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Dr. Dash menjelaskan bahwa selama pemeriksaan fisik, dokter dapat mendeteksi adanya suara tidak normal yang di sebut bising jantung. Yang terjadi akibat aliran darah yang tidak lancar melalui jantung.

Ini menjadi tanda adanya kelainan jantung dan memerlukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut untuk penyakit jantung ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan