Jangan Minta Ke Kuburan, Ini Doa yang Benar saat Ziarah Kubur di Makam Orang Tua

JABAR EKSPRES – Sebagai anak yang sholeh kita harus selalu mendoakan orang tua, baik yang sudah wafat maupun yang masih mendampingi kita di dunia. Berikut bacaan lengkap doa saat melakukan ziarah kubur dimakan orang tua.

Terutama orang tua yang sudah meninggal, karena segala amalannya sudah tertutup maka hanya doa dari anak yang sholeh yang masih bisa diterimanya. Karenanya, bagi yang orang tuanya sudah meninggal harus hafal bacaan lengkap doa saat ziarah kubur ini.

Doa ziarah kubur ini umumnya akan dibacakan saat mendatangi makam anggota keluarga kita, terutama orang tua. Tentu saja selain bermaksud untuk membersihkan makamnya.

Maksud atau tujuan dibacakanya doa ini adalah untuk mendoakan orang tua, yakni dengan memohon agar orang tuanya mendapat ampunan dan rahmat Allah SWT.

Meskipun mendoakan orang tua yang sudah meninggal tidak selalu harus mendatangi makamnya, karena berdoa bisa juga dilakukan seorang anak dimanapun saat teringat kepada orang tuanya.

Baca juga : Bagaimana Doa untuk Orang Berangkat Haji? Simak Bacaannya Lengkap dengan Artinya di Sini!

Namun tradisi berdoa di makam orang tua sambil berziarah sudah dilakukan secara turun temurun dan menjadi amalan untuk mengingat kematian, seperti yang dianjurkan Rosulullah SAW.

Hal ini diketahui dari sebuah riwayat hadits dari Buraidah bin Al-Hashib, ia menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

كُنْتُ نَهَيْتُكُم عَنْ زِيَارَةِ القُبُورِ، فَزُورُوهَا

Artinya: “Aku (Rasulullah) dahulu pernah melarang kalian berziarah kubur, dan kini berziarahlah.” (HR Muslim, Ahmad, & Nasa’i)

Namun saat berziarah juga ada larangan melakukan hujran yakni ucapan bathil, seperti berdoa meminta kepada ahli kubur, meminta bantuan kepada orang yang sudah meninggal, tawasul atau juga minta keberkahan dari orang yang sudah dikubur.

Larangan ini jelas termaktub dalam hadits riwayat Buraidah bin Al-Hashib, Rasulullah SAW bersabda:

فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَزُورَ فَلْيَزُرْ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرًا

Artinya: “Barang siapa ingin ziarah maka hendaklah dia ziarah, dan jangan kamu mengucapkan hujran.” (HR Muslim)

Untuk itu, saat mendatangi makam, sebaiknya membaca doa ziarah kubur sebagai berikut yang diambil dari beberapa hadits.

السَّلَامُ علَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ المُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وإنَّا إنْ شَاءَ اللَّهُ بكُمْ لَلَاحِقُونَ

Arab Latin: “Assalaamu ‘ala ahlid diyaari minal mu’miniina wal muslimiin wa yarhamullahu almustaqdimiina minna wal musta’khiriina wa innaa in syaa Allahu bikum lalahiquun”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan