Pendaftar PPDB Tahap I SMKN 3 Bandung Melimpah, Jalur Persiapan Kelas Industri Paling Banyak

JABAR EKSPRES, BANDUNG – SMKN 3 Bandung jadi salah satu sekolah yang populer jadi rujukan siswa. Terlihat jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I di sekolah itu cukup banyak.

Ketua Panitia PPDB SMKN 3 Bandung, Wawan Sunarya mengungkapkan, total ada 1136 siswa yang mendaftar di sekolah itu selama masa pendaftaran PPDB tahap I. “Cukup banyak, total ada 1136 siswa,” jelasnya kepada Jabar Ekspres, Senin (12/6).

Wawan merincikan, 1136 siswa itu masuk melalui sejumlah jalur yang dibuka di SMKN 3. Untuk jalur afirmasi KETM ada 418 siswa, jalur afirmasi kondisi tertentu ada 5 siswa, jalur perpindahan orang tua atau anak guru ada 15 siswa, prestasi kejuaraan ada 37 siswa, prioritas jarak ada 127 siswa.

Kemudian untuk jalur yang paling banyak adalah persiapan kelas industri. “Jumlahnya ada 534 siswa,” imbuhnya.

Jumlah tersebut tentunya cukup banyak karena kuota yang ada di SMKN 3 Bandung hanya 612 siswa. Pada tahap I PPDB ini SMKN 3 Bandung akan menampung 75 persen siswa dari kuota yang tersedia di sekolah.

Kuota itu akan dibagi dalam beberapa jalur yang ada. Jalur afirmasi KETM 12 persen, jalur ABK 3 persen, jalur afirmasi kondisi tertentu 5 persen, jalur prioritas jarak 10 persen, jalur perpindahan tugas atau anak guru 5 persen, jalur persiapan kelas industri 35 persen, dan prestasi kejuaraan 5 persen.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Tempat Batagor Enak jadi Tempat Kuliner Bandung yang Cocok Kamu Datangi!

Sebanyak 25 persen sisa kuota akan dibuka untuk PPDB tahap 2. “Itu nanti jalur perhitungan nilai rata-rata rapor,” sambung Wawan.

Wawan menjelaskan, sejauh ini program keahlian Akuntansi memang yang masih jadi favorit di SMKN 3 Bandung, baru setelahnya di ikuti program keahlian lainnya.

Selain konsultasi, pihak SMKN 3 selama masa PPDB juga turut menyediakan sejumlah fasilitas penunjang di aula sekolah untuk PPDB. Mulai dari perangkat komputer untuk pendaftaran hingga scanner untuk membantu upload dokumen.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan