Ketahui Cara Kerja dari Motor Listrik Sesuai dengan Jenisnya!

JABAR EKSPRES – Banyaknya penggunaan motor listrik saat ini, membuat pengguna motor ini perlu mengetahui beberapa hal tentang cara kerjanya.

Perlu di ketahui bahwa cara kerja yang ada pada motor ini sangat sederhana, di mana tenaga yang berupa listrik tersebut akan di ubah menjadi tenaga mekanik, dengan perubahan tenaga tersebut membuat kendaraan tersebut melaju.

Oleh sebab itu motor ini tidak perlu menggunakan bahan bakar untuk dapat melaju, karena hanya perlu menggunakan pengubahan tenaga saja.

Apa kamu berminat untuk memiliki motor ini? Jika iya kamu perlu menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai cara kerja motor ini terlebih dahulu.

Sebelumnya apakah kamu mengetahui bahwa motor listrik memiliki jenis yang berbeda, oleh karena itu kerja mesinnnya pun akan berbeda-beda tergantung dengan jenisnya tersebut.

Baca Juga: Spesifikasi & Harga Lengkap Honda Scoopy 2023, Sudah Miliki Motor Ini?

Berikut Beberapa Cara Kerja Motor Listrik Sesuai Dengan Jenisnya

  • Cara Kerja Motor DC

Motor DC cara kerjanya mengandalkan dua bagian unitnya yaitu stator dan rotor. Selain itu jika mengetahui prinsipnya motor ini mengandalkan elektromagnet.

Car kerjanya yaitu dengan mengalirkan arus listrik pada kumparan sampai dengan bagian permukaan magnet utara. Jika sudah menerima aliran listrik, maka magnet akan bergerak dari bagian utara ke kutub selatan.

  • Cara Kerja Motor Induksi

Motor jenis induksi ini memanfaatkan gaya Lorentz yang menimbulkan arus mengalir pada stator dan rotor dengan gaya elektromagnetik.

Dapat di katakan bahwa cara kerja motor induksi ini terbilang cukup unik, hal tersebut karena motor ini mesinnya tidak beroprasi dengan kecepatan sinkron (asinkron).

Baca Juga: Honda Scoopy 2023, Tampil Menawan Dengan Harga & Fitur Canggih!

  • Cara Kerja Motor Sinkron

Cara kerja motor ini mengandalkan kecepatan tetap dengan adanya frekuensi tertentu.

Ji jelaskan secara sederhana, untuk cara kerja motor ini dipengaruhi oleh adanya interaksi abtar medan magnet stator dan rotor.

Di mana rotor pada motor listrik sinkron merupakan sebuah amgnet permanen yang akan i sinkronkan dengan medan magnet berputar.

Tinggalkan Balasan