Duo Marqeuz Crash di MotoGP Italia 2023, Ini Penyebabnya!

JABAR EKSPRES – Balapan MotoGP Italia 2023 di Autodromo Internazionale del Mugello, Toskana, Italia, pada Minggu (11/6/2023) menjadi momen malang bagi Marquez bersaudara. Baik Marc Marquez maupun adiknya, Alex Marquez, mengalami nasib apes harus crash dalam balapan tersebut.

Balapan utama seri keenam MotoGP Italia 2023 dimulai pada hari Minggu (11/6/23) pukul 19.00 WIB. diawali dengan posisi start yang baik seperti Francesco Bagnaia, Marc Marquez, dan Alex Marquez tampil di grid terdepan.

Namun, pada putaran pertama, Bagnaia langsung memimpin di posisi terdepan, sementara Marc Marquez dan Alex Marquez harus merosot ke posisi lima dan enam. Jorge Martin, Jack Miller, dan Luca Marini berhasil naik ke posisi tiga besar.

BACA JUGA : Pecco Bagnaia Juara MotoGP Italia 2023, Ducati Sapu Bersih Podium!

Sayangnya, pada lap keempat, Marc Marquez kehilangan kendali dan terjatuh setelah kehilangan grip ban depan. Ini merupakan kali ketiga dia gagal menyelesaikan Grand Prix dari tiga balapan yang telah dia ikuti musim ini.

Cedera sebelumnya juga membuatnya absen dari tiga balapan lainnya. Kecelakaan ini juga memunculkan keraguan mengenai masa depan Marquez di Honda. Meskipun dia memiliki kontrak hingga 2024, performa motor Honda yang tidak kompetitif dapat mempengaruhi hubungannya dengan tim.

Kejadian tersebut juga menambah penderitaan bagi tim Honda, yang telah kehilangan Joan Mir dan Alex Rins akibat cedera di Mugello. Penyebab kecelakaan Marc Marquez adalah kesalahan saat mencoba melakukan overtaking dan keluar jalur saat berusaha menyalip Luca Marini. Marquez tergelincir di gravel ketika akan memasuki sektor empat dan tidak dapat melanjutkan balapan.

Kecelakaan Marc Marquez memberikan peluang bagi adiknya, Alex Marquez, yang saat itu berada di belakangnya. Alex Marquez langsung mengambil kesempatan untuk merebut posisi ketiga dan mencoba menyalip Luca Marini. Sayangnya, saat akan melakukan overtaking, Alex Marquez juga terjatuh pada sisa sembilan lap lagi.

Pembalap Ducati, Pecco Bagnaia, berhasil keluar sebagai juara MotoGP Italia 2023 di sirkuit Mugello. Podium kedua dan ketiga ditempati oleh pembalap Pramac Ducati Racing, Jorge Martin dan Johan Zarco. Keberhasilan ini membuat Ducati meraih momen emas, karena baik tim pabrikan maupun tim satelit mereka berhasil menguasai podium.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan