6.903 Warga Kabupaten Bogor Terdampak Kekeringan

BOGOR, JABAR EKSPRES – Ribuan warga Bogor Barat Kabupaten Bogor terdampak bencana kekeringan yang terjadi sejak awal Juni lalu. Dari data hasil assessment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sebanyak 6.903 jiwa terdampak kekeringan dari sebanyak 5 Desa di Dua kecamatan yakni Kecamatan Jasinga dan Kecamatan Nanggung.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memberikan bantuan 65 ribu liter air bersih untuk 5.263 warga Desa Curug, Desa Neglasari Kecamatan Jasinga dan Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung.

“Kami pun kembali mengirimkan bantuan 10 ribu liter air bersih untuk 1.640 warga Desa Pangradin dan Desa Pangaur di Kecamatan Jasinga,” kata Adam kepada media, Senin (12/6).

BACA JUGA: Progres Hotel Sayaga Sisa 12 Persen, Dirut Sayaga: Janji Tahun Ini Dioperasikan

Dari dua desa yang diberikan air bersih tersebut dibagi masing-masing desa mendapatkan sebanyak 5.000 liter.

“Dikarenakan intensitas hujan yang menurun di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan sumber mata air warga berkurang dan warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya,” paparnya.

Masih kata Adam, Bantuan air bersih di Desa Pangradin diberikan untuk 1.129 jiwa atau 283 Kepala Keluarga (KK) di RW 01.

“Untuk sementara Desa Pangradin, di RW 01 kebutuhan air bersih telah terpenuhi, dan di beberapa titik yang belum terdistribusikan air bersih yaitu RW 03 dan RW 06,” tambahnya.

BACA JUGA: Kampung Unik di Garut: Hanya 12 Rumah dan Semuanya Warga Keturunan Belanda

Kemudian, di wilayah Desa Pangaur, sambung Adam, BPBD pun telah mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 5.000 liter untuk 511 jiwa atau 124 KK di Desa tersebut.

“Bantuan ini diperuntukkan untuk Kampung Maribaya RT 04/01 dengan rincian 52 KK/ 216 Jiwa beserta fasum Masjid Al ikhlas dan Kampung Panyindangan RT 01/04 dengan rincian 72KK/295 jiwa juga fasum Masjid Jami Al Hidayah,” sambungnya.

Saat ini, bantuan 5.000 air bersih untuk Desa Pangradin pun telah disalurkan kepada warga dan fasilitas umum (fasum) tempat peribadatan.

“Butuh penanganan dari dinas teknis terkait untuk pembuatan sumber air bersih di wilayah tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mendistribusikan air bersih sebanyak 65 ribu liter bagi masyarakat wilayah Bogor Barat Kabupaten Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan