Pemandangan Kabut ‘Asap’ di New York Adalah Setiap Harinya Negara Ini!

JABAR EKSPRES – Selama berhari-hari, gambar-gambar New York yang tercekik asap telah mengejutkan Amerika Serikat, karena penduduknya berjuang untuk menghadapi tantangan polusi udara yang parah.

Asap yang berasal dari kebakaran hutan di Kanada telah mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan peringatan kualitas udara di Pantai Timur dan orang-orang kembali mengenakan masker N95, yang sebagian besar telah ditinggalkan sejak pandemi. Di media sosial, orang-orang berbagi foto-foto pemandangan “apokaliptik” dan tips untuk meminimalkan risiko kesehatan.

Di luar negara bagian Pantai Barat seperti California yang mengalami kebakaran hutan tahunan, pemandangan seperti ini jarang terjadi di AS.

Namun, di belahan dunia lain, memerangi kabut asap bukanlah hal yang baru. Dan polusi udara yang intens yang disebabkan oleh asap, gas, dan bahan kimia industri yang berbahaya yang menyelimuti banyak kota besar di seluruh Asia sepanjang tahun dapat menjadi hal yang biasa di seluruh dunia seiring dengan memburuknya krisis iklim.

Tahun lalu, enam dari 10 kota paling tercemar di dunia berada di India, menurut jaringan pemantau IQAir. Para peneliti memperkirakan bahwa udara yang buruk dapat mengurangi harapan hidup ratusan juta orang India sebanyak sembilan tahun; pada tahun 2019, polusi udara diperkirakan telah menyebabkan hampir 1,6 juta kematian di negara ini.

Ibu kota New Delhi secara teratur diselimuti oleh kabut asap, berkat beberapa faktor termasuk emisi kendaraan, pembangkit listrik tenaga batu bara, dan praktik tahunan pembakaran ladang pertanian untuk mempersiapkan lahan untuk tanaman berikutnya.

Hal ini berarti penduduknya terpapar oleh partikel halus tingkat tinggi, atau PM2.5, sebuah indikator yang digunakan secara luas untuk mengukur polusi udara yang berbahaya. Polutan kecil ini sangat berbahaya; ketika terhirup, polutan ini dapat masuk jauh ke dalam jaringan paru-paru dan masuk ke aliran darah, dan telah dikaitkan dengan masalah kesehatan termasuk asma dan penyakit jantung.

Polutan ini berasal dari sumber-sumber seperti pembakaran bahan bakar fosil, badai debu – dan kebakaran hutan, yang berarti New York kini diselimuti oleh polutan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan