Pemandangan Kabut ‘Asap’ di New York Adalah Setiap Harinya Negara Ini!

Tingkat PM2.5 di New York mencapai puncaknya pada Rabu sore, yaitu 303,3 mikrogram per meter kubik. Sebagai perbandingan, pedoman Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan batas tingkat rata-rata tahunan sebesar 5 mikrogram per meter kubik; London mengukur 9,4 mikrogram per meter kubik pada hari Rabu, dan Hong Kong mengukur 21 mikrogram per meter kubik, keduanya masih dalam kisaran “baik” menurut IQAir.

Banyak negara di Asia Tenggara juga sudah sangat akrab dengan gangguan terhadap kehidupan sehari-hari yang dapat ditimbulkan oleh polusi udara, terutama selama musim pembakaran jerami tahunan, ketika para petani membakar jerami yang tersisa setelah memanen padi.

Pada tahun 2019, udara di Malaysia menjadi sangat buruk sehingga puluhan siswa jatuh sakit dan mengalami muntah-muntah, yang menyebabkan lebih dari 400 sekolah ditutup di seluruh negeri.

Hanya beberapa bulan kemudian, Malaysia kembali diselimuti kabut asap pekat yang berasal dari kebakaran hutan berskala besar di Indonesia, yang diduga dibakar untuk membuka lahan untuk produksi kertas, minyak kelapa sawit, dan industri lainnya.

Baru-baru ini, kota Chiang Mai di utara Thailand mendapat predikat kota paling tercemar di dunia selama setidaknya satu minggu berturut-turut di bulan April, karena asap dari kebakaran hutan dan pembakaran lahan di tempat lain di wilayah tersebut. Banyak sekali orang yang mencari pertolongan medis untuk masalah pernapasan termasuk asma dan sesak napas, dengan satu rumah sakit mengatakan bahwa bangsal-bangsal di rumah sakit tersebut penuh sehingga mereka harus menolak beberapa pasien.

Selama bertahun-tahun, penduduk di ibu kota Cina menghirup udara yang tajam setiap hari. Puncaknya adalah “kiamat udara” pada tahun 2013, ketika indeks kualitas udara mencapai 755, melampaui angka yang seharusnya berada di atas 500, menurut Kedutaan Besar AS di Beijing yang melakukan pemantauan kualitas udara setiap hari. Angka tertinggi dalam sejarah itu berarti udara sangat berbahaya, memaksa penduduk untuk mengurung diri di dalam rumah, mengenakan masker wajah berfilter, dan menyalakan alat pembersih udara dengan kecepatan tinggi.

Peristiwa ini menarik perhatian media global dan memaksa isu ini menjadi berita utama di Tiongkok – dan segera setelah itu, Tiongkok meluncurkan kampanye anti-polusi besar-besaran, menutup tambang batu bara dan pembangkit listrik tenaga batu bara, mendirikan stasiun pemantau udara di seluruh negeri, serta meluncurkan peraturan baru.

Tinggalkan Balasan