Akibat Aktivitas Sesar Cugenang, Kabupaten Cianjur Diguncang Gempa Bumi Tektonik

JABAR EKSPRES – Wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat dan area sekitarnya, baru saja diguncang gempa bumi tektonik pada Minggu, 27 Mei 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat, hasil analisa guncangan tersebut menunjukkan bahwa gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur berlokasi di darat alias bukan di laut, dengan jarak 9kilometer Barat Daya di kedalaman 10kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur berkekuatan 3,5 magnitudo, dengan episenter terletak pada koordinat 6.86 Lintang Selatan dan 107.06 Bujur Timur.

“Guncangan tadi jam 11.12 WIB, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal,” kata Rahayu kepada Jabar Ekspres melalui seluler, Minggu (11/7).

Rahayu atau akrab disapa Ayu itu menerangkan, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur diakibatkan dari aktivitas Sesar Cugenang.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cipanas, Pacet, Cugenang dengan Skala Intensitas tiga MMI,” ujarnya.

Ayu menjelaskan, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Di Cibodas Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas dua MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” jelasnya.

Meski begitu, Ayu mengungkapkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan