MenPANRB Dorong Pemprov Jabar untuk Tingkatkan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kota

JABAR EKSPRES – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas meminta Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk mendorong setiap Kabupaten kota meningkatkan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Sebab menurut Anas, sampai saat ini pelayan di MPP masih dinilai belum efektif akibat adanya beberapa kendala seperti salah satunya terkait penggunaan gedung.

“Kami sampaikan ke pak gubernur (Ridwan Kamil), gedung itu nomor dua. Kadang kita terjebak di pembangunan gedung (untuk MPP). Jadi gedung yang ada tinggal diperbaiki dan yang penting, layanannya terintegrasi memudahkan rakyat,” ujarnya di Gedung Sate Kota Bandung, Jum’at (9/6).

Selain hal itu, sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga, Anas menyebut setiap daerah khususnya Jabar harus dapat memiliki mobile service pelayanan publik.

“Pak presiden juga berharap seperti dibeberapa negara ada mobile service. Jadi selain direct service datang langsung ke mall pelayanan publik, tapi juga ada mobile service,” ucapnya

Bahkan ia juga memberikan contoh seperti di negara Ajerbaizan, bahwa pelayanan publik ada yang mengunakan kereta api.

“Jadi selain ada mobil keliling, ada juga kreta api keliling. Nah kalau perlu pemprov Jabar memberikan layanan mengunakan kereta contohnya di Cimahi atau di Bekasi setiap hari apa (waktunya), itu keren. Dan yang terakhir dengan HP yaitu digital service,” pungkasnya

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan