Apa yang Beda Antara ADHD & Autisme? Simak Pembahasannya!

JABAR EKSPRES – Apakah kamu tahu bahwa terdapat perbedaan yang membuat beda antara ADHD dan Autisme? Berikut akan di bahas apa yang membuatnya beda.

Di ketahui bahwa ADHD merupakan suatu ganggan pada mental yang memiliki kepanjangan Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang dapat menyebabkan kesulitan untuk fokus pada anak.

Di ketahui seseorang yang mengidap gangguan mental ini cenderung memiliki perilaku yang impulsif dan hiperaktif.

Sedangkan Autisme merupakan suatu gangguan yang terjadi pada sistem saraf yang memiliki dampak pada perilakunya sehari-hari.

Seseorang yang mengalami gangguan ini gejalanya sudah terlihat pada tahun ketiga setelah di lahirkan.

Baca Juga: Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) Yang Perlu Kamu Waspadai!

Berikut ini beberapa hal yang membuat beda antara ADHD dan Autisme.

  • Segi Fokus

Bagi seseorang yang mengidap ADHD, mereka cenderung lebih menghindari aktivitas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Aktivitas seperti membaca dan berhitung misalnya.

Sedangkan bagi mengidap Autisme cenderung memiliki fokus pada aktivitas atau hal lain yang menjadi kesukaannya. Seseorang yang mengidap autisme bisa mempelajari suatu hal yang di senanginya bahkan hingga mahir di bidangnya.

  • Interaksi dan Komunikasi

Seseorang yang mengidap ADHD suka sekali berbicara. Namun perhatiannya mudah sekali untuk teralihkan, sering memotong pembicaraan lawan bicaranya, bahkan seperti tidak mendengarkan pembicaraan atau arahan yang di berikan.

Sedangkan untuk pengidap Autisme memiliki kecenderungan sulit untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan atau emosinya.

Baca Juga: Waspada Penyakit Leptospirosis Pada Saat Musim Penghujan!

  • Rutinitas yang Dilakukan

Seorang ADHD  memiliki kecendeungan tidak menyukai rutinitas yang sama atau melakukan sebuah aktivitas yang memakan waktu lama.

Sedangkan bagi pengidap Autisme cenderung menyukai kegiatan dan aktivitas yang tertata dan tidak menyukai rutinitas yang berubah secara mendadak.

  • Kemunculan Gejala

Pengidap ADHD muncul gejala yang terlihat pada usia menginjak 3 tahun, dan seiring bertambahnya usia. Namun, gejala gangguan ini juga bisa muncul saat beranjak dewasa.

Sedangkan untuk pengidap autisme gejala biasa muncul saat seseorang berusia 2 tahun. Namun terdapat juga kasus yang memperlihatkan gejala muncul pada usia di bawah 1 tahun atau pada saat beranjak dewasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan