Cara Merebus Telur yang Benar agar Tidak Lengket dan Mudah Dikupas

JABAR EKSPRES – Sering mengalami masalah saat mengupas telor, bukan hanya kulit luarnya yang terkelupas, namun daging telur juga ikut terangkat sehingga penampilan telur jadi kurang bagus. Berikut cara merebus telur yang benar agar mudah untuk dikupas.

Masalah mengupas telur sepertinya hanya masalah sepele, namun bila hal ini sering terjadi terutama untuk bisnis, maka akan  merugikan dan  bisa jadi menghambat pekerjaan. Karenanya perlu tahu cara merebus telur yang benar agar masalah ini tidak terjadi.

Selain itu, masalah susahnya telur rebus dikupas, bukan hanya dari proses memasaknya saja, namun juga karena beberapa faktor lain juga. Namun cara merebus telur yang benar juga sangat berpengaruh agar telur mudah dikupas.

Bila salah dalam merebusnya, maka bukan hanya satu dua, namun semua telur yang direbus akan susah untuk dikupas. Dan menjadi memakan waktu lama dalam mengupasnya.

Padahal jika kondisi normal, mengupas satu buah telur tidak akan memakan waktu hingga satu menit. Asalkan tahu tekniknya yang benar.

Baca juga :  Cara Merebus Telur agar Mudah Dikupas: Tips Ampuh

Cara yang mudah mengupas telur adalah dengan membuat retak seluruh bagian kulit telur tanpa melukai daging telur. Setelah retak semua, maka proses mengupas akan menjadi mudah karena kulit luar telur menempel pada kulit arinya, sehingga tinggal menarik kulit arinya maka telur akan terkelupas secara sempurna.

Cara merebus telur yang benar juga harus diketahui, meski diakui bahwa cara ini merupakan cara termudah dalam memasak telur. karena hanya dimasukkan kedalam air yang mendidik maka telur akan matang dengan sendirinya.

Banyak yang menggunakan telur rebus sebagai lauk makan nasi dengan diolah lagi setelah direbus, namun ada juga yang mengonsumsinya hanya setelah direbus, seperti menjadi menu diet.

Agar lebih jelas mengetahui cara merebus telur yang benar, berikut penjelasannya:

1. Jangan gunakan telur segar

Telur segar yang abru dikirim dari peternakan akan lebih sulit dikupas. Hal ini masih ada senyawa kimia tertentu pada kulit telur.

Jika ingin direbus, gunakan telur yang sudah beristirahat sehari atau yang biasanya telah dikemas dalam boks karton di supermarket.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan