Bocoran Terbaru! Yamaha Siap Gemparkan Pasar dengan Motor Listrik E01 dan Neos di Indonesia!

JABAR EKSPRES – Sekarang lagi rame nih tren motor listrik di Indonesia. Tapi dari banyak merek yang udah dijual resmi di pasaran, kebanyakan dikuasai sama merek Cina, bro.

Yamaha E01 dan Neos juga jadi kandidat kuat yang bakal muncul di Indonesia. Yamaha dari Jepang juga dikabarkan bakal ngeluncurin motor listriknya di sini. Mereka udah tes pasar atau yang disebut Proof of Concept (PoC) buat produk E01 di beberapa kota.

Tes pasar ini udah dimulai sejak Oktober 2022 kemarin, bro. Yamaha Indonesia bilang kalo mereka bakal tes pasar selama sekitar 1 tahun dengan target 4 ribu konsumen yang bisa nyobain E01.

Terus pas acara Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Februari 2023 kemarin, Yamaha lagi nampilin produk listriknya yang namanya Neos. Jadi mereka udah pamerin 2 motor listrik ke publik.

Nah, yang jadi pertanyaan, kapan sih Yamaha bakal jual resmi Yamaha E01 dan Neos di Indonesia? Nah, soal ini, Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, akhirnya buka suara.

Baca Juga: Dealer Motor Listrik Davigo Resmi Hadir di Bandung dengan Model Terbaru dan Teknologi Canggih

“Kita udah perkenalkan 2 model, sekarang masih dalam tahap Proof of Concept dan belum sampai tahap produksi massal. Karena perlu ada proses lokalisasi dan lain-lainnya, jadi tinggal nunggu aja pengumuman resmi dari kita,” kata Dyonisius di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Meskipun dia belum bisa ngasih informasi lebih lanjut tentang produk atau momen peluncurannya, dia bilang kalo perusahaan lagi persiapanin beberapa strategi, termasuk persiapan atau penggunaan Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Untuk TKDN-nya, pasti kita lagi banyak persiapan tapi belum bisa aku sharing sekarang,” katanya.

Dyonisius juga lanjutin, pada dasarnya baik Yamaha E01 maupun Neos cocok banget buat pasar dan konsumen di Indonesia. Tapi YIMM nggak mau terburu-buru, mereka butuh hati-hati dan masukan dari konsumen buat tau produk mana yang bener-bener dibutuhin.

“Kita lihat kedua-duanya cocok. Kalau dilihat dari masukan konsumen dan media, kayaknya yang tipe E01 cocok karena mirip dengan NMax. Sementara yang Neos lebih cocok buat jarak dekat atau kecepatan pelan, tapi memang keduanya punya fungsi yang beda,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan