2 Jenis Beras yang Sehat untuk Penderita Diabetes!

JABAR EKSPRES – Apakah kamu tahu bahwa beras memiliki kandungan karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah? Berikut jenis beras yang cocok untuk penderita diabetes.

Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang menjadi sumber utama karbohidrat, oleh sebab itu bagi penderita diabetes diminta agar mengurangi konsumsi terhadap nasi putih atau perlu menggantinya dengan makanan lain yang dapat mengendalikan gula darah.

Jika kamu ingin mengetahui mengenai beras apa saja yang dapat di konsumsi oleh penderita diabetes, kamu bisa terus menyimak pembahsannya dalam artikel ini.

Baca Juga: Buah Penderita Jantung yang Baik di Konsumsi, Cek di Sini!

Berikut ini beberapa jenis beras yang baik untuk penderita diabetes, di antaranya adalah:

  • Beras Basmati

Perlu di ketahui bahwa beras jenis ini merupakan salah satu beras yang paling sehat di konsumsi penderita diabetes.

Di ketahui bahwa jenis beras ini memiliki indeks glikemik disekitar 43 – 60, angka tersebut masuk dalam kategori indeks glikemik rendang – sedang.

Beras Basmati sendiri memiliki 2 jenis yaitu basmati Putih dan basmati Coklat, dimana masing-masingnya memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Untuk Beras Basmati putih 100 gram yang sudah di masak memiliki kandungan 150 kalori, 3 gram protein dan 35 gram karbohidrat.

Sedangkan untuk basmati coklat 100 gram yang sudah di masak memiliki kandungan 162 kalori, 1,5 gram lemak, 3,8 gram protein, 33,8 karbohidrat, dan 3 gram serat.

Baca Juga: Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) Yang Perlu Kamu Waspadai!

  • Beras Merah

Melansir dari harvard Health Publishing, beras merah merupakan makanan dengan kandungan indeks glikemik sebesar 50 (IG rendah).

Oleh karena itu beras merah sendiri merupakan jenis makanan yang masih aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.

Selain kandungan indeks glikemik yang rendah, beras merah juga merupakan jenis yang memiliki kandungan akan serat yang banyak jika di bandingkan dengan beras putih.

Oleh sebab itu beras merah tidak banyak mempengaruhi kadar gula darah karena serat yang terkandung tersebut yang dapat menghambat pelepasan glukosa ke dalam darah.

Di ketahui bahwa dalam 100 gram beras merah terdapat sekitar 163,5 kalori, 34,5 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1,5 gram lemak, dan 3,4 gram protein.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan