525 Personel Dikerahkan, Pedagang Pasar Banjaran Siap-Siap Minggir

KABUPATEN BANDUNG – Polresta Bandung bersama tim gabungan TNI Polri mulai melakukan monitoring dan juga pendampingan kepada para pedagang Pasar Banjaran yang akan dipindahkan ke Tempat Sementara tepatnya di Pasar Domba dan di Area Alun-Alun, Senin (5/6/2023).

Pemerintah Kabupaten Bandung sendiri saat ini mulai melakukan relokasi para pedagang Pasar Banjaran ke tempat sementara dan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ratusan personel disiagakan di sekitar area.

Kabags Ops Polresta Bandung Kompol Sungkowo mengatakan, pihaknya menurunkan sebanyak 300 personel Polri dan Gabungan sebanyak 525 personel untuk pengamanan relokasi pedagang pasar Banjaran.

“Kami sekarang menurunkan sebanyak 300 personel Polri, kalau gabungan semuanya sekitar 525 personil. Dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan lain-lain,” ujar Sungkowo saat ditemui, Senin (5/6/2023).

Sungkowo menyampaikan jika saat ini kondisi dari pedagang pasar Banjaran sendiri masih aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ya Alhamdulillah kami memastikan bahwa kehadiran kami untuk menjaga harkamtibmas, baik situasi di dalam maupun di luar,” katanya.

Kata dia, pihaknya memastikan jika relokasi pedagang pasar Banjaran ini sudah mencapai 75 persen dan dilakukan secara bertahap.

“Mengingat untuk kesiapan kita dipastikan tidak turun semuanya. Barangkali ada ntar ada yang relokasi, pembenahan, mungkin bisa dipastikan yang sudah siap hari ini sudah bergeser dan sudah pegang kunci,” katanya

Dirinya menjelaskan saat ini untuk data pemegang kunci yang diterima dari Kadisperindag sebanyak 1187. “Dan sisanya bertahap, itu juga berikut dengan para PKL yang ada di sana sudah disiapkan di belakang,” ungkapnya.

Adapun terkait nantinya ada gangguan pihaknya kata Sungkowo masih bisa mentolerir jika gangguan tersebut belum masuk ke ranah pidana.

“Artinya belum ke ranah pidana sekali. Ya kita melakukan edukasi, imbauan. Namun apabila sudah melakukan tindak pidana, contohnya ada penganiayaan, pengrusakan, kami tidak segan-segan akan menindak tegas,” jelasnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada para pedagang yang lainnya untuk sama-sama menjaga kondusifitas dan memelihara keamanan bersama.

“Untuk itu keamanan adalah tugas kita bersama dan kami Polresta Bandung siap untuk mengamankan dan memelihara Kamtibmas. Jangan sungkan-sungkan apabila ada hal yang kurang pas atau ada hal yang perlu dikomunikasikan bisa ke Polsek Banjaran terdekat dan kami Polresta Bandung siap menindaklanjuti,” pungkasnya. (agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan