Bupati Bandung Barat Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Sampah

BANDUNG BARAT – Penyelesaian persoalan sampah di Kabupaten Bandung Barat perlu peran serta semua pihak. Karena itu, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan cukup penting.

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, kesadaran terhadap pengelolaan sampah perlu dilakukan bersama-sama. Ia menekankan sampah merupakan tanggung jawab bersama, sehingga pengelolaannya perlu komitmen dan sinergi seluruh pihak

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Bandung Barat yang peduli terhadap sampah,” katanya, Senin (5/6/2023).

Ia menambahkan, gerakan nyata masyarakat yang turut serta dalam mengatasi persoalan sampah tersebut harus menjadi motivasi kepada masyarakat yang lainnya untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Seperti halnya kemarin ada sekelompok pemuda di Bandung Barat yang secara sukarela membersihkan sampah yang berserakan di pinggir jalan akibat oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

“Gerakan seperti itulah yang harus menjadi pemicu warga lainnya untuk melakukan hal serupa atau minimal tidak membuang sampah tidak pada tempatnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kebiasaan membuang sampah sembarangan tidak hanya berdampak buruk pada kebersihan lingkungan melainkan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan.

“Pola hidup bersih dan sehat selalu digaungkan oleh pemerintah. Karena hal itu demi kebaikan semua pihak,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jumlah timbunan sampah di Kabupaten Bandung sebanyak ratusan ton perhari. Dari jumlah tersebut, pemerintah belum mampu mengelola seluruhnya.

Untuk itu, ia menegaskan, penyelesaian persoalan menjadi tanggung jawab semua pihak tidak hanya pemerintah saja. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas semua pihak agar persoalan ini dapat diselesaikan.

“Tentunya harapan semua pihak Kabupaten Bandung Barat yang bersih dan nyaman. Tentu hal itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Oleh karena itu, saya mengajak semuanya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” terangnya.

Ia meminta kepada seluruh perangkat daerah dan wilayah untuk melakukan langkah-langkah konkrit dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekitar, mendukung sarana, memberikan edukasi sekaligus contoh perilaku kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

“Saya berharap setiap lingkungan baik perkantoran pemerintahan, industri, pertokoan dan lingkungan tempat tinggal agar memahami, bagaimana mengelola sampah yang kita hasilkan, misalnya dengan menyediakan tempat sampah di lingkungan sekitar” tandasnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan