Daftar Kasus Korupsi BUMN Terbongkar di Kepemimpinan Erick Tohir

JABAR EKSPRES- Berikut adalah deretan kasus korupsi yan terbongkar di Indonesia. BUMN adalah perusahaan negara yang berperan penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional.

Saat ini, BUMN di Indonesia dipimpin oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang sudah menjabat sejak 2019. Selama masa kepemimpinan Erick, ia mengaku banyak

“bersih-bersih” dan menindak keras kasus-kasus hukum di BUMN. Berikut adalah beberapa kasus BUMN pada masa kepemimpinan Erick Thohir yang terbongkar.

BUMN yang merupakan asuransi jiwa tertua di Indonesia ini mengalami gagal bayar polis asuransi karena adanya fraud yang telah lama terjadi.

Jiwasraya dikabarkan telah membukukan laba semu sejak 2006 dan merugikan negara hingga Rp16,81 triliun. Kasus yang baru diproses pada 2020 ini tidak luput dari peran akuntan yang diduga sengaja melakukan fraud.

Kasus korupsi ASABRI melibatkan bos PT Hanson International, Benny Tjokrosaputro. la diduga terlibat dalam penyelewengan pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asabri tahun 2012-2019.

Kerugian negara Indonesia akibat kasus ini mencapai Rp22,78 triliun.

Garuda Indonesia dinyatakan bersalah atas kasus pengadaan pesawat udara jenis CRJ-1000 dan ATR-72 berjumlah 23 unit dari tahun 2011 sampai 2021.

Akibat kasus ini, negara  Indonesia telah rugi Rp8,8 triliun.

Indikasi korupsi ditemukan pada jajaran PT Krakatau Steel yang bertugas untuk menjalankan proyek Blast Furnace Complex (BFC). Namun, pengadaan proyek ini nggak diselesaikan atau mangkrak.

Indikasi korupsi dalam proyek yang dikerjakan pada 2011-2019 tersebut merugikan negara sebesar Rp6,9 triliun.

Kasus korupsi ini terbongkar karena adanya dugaan penyelewengan jabatan dan korupsi oleh General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Antam, Dodi Martimbang.

Kasus ini merugikan Negara Indonesia sebesar Rp100,7 miliar.

Itulah deretan kasus BUMN yang terbongkar di negara Indonesia, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan