Hindari Kampus Abal-Abal, Ini 4 Perguruan Tinggi Terbaik di Bandung

UPI telah melahirkan banyak lulusan yang berprestasi dan sukses, seperti Haryanto Adikoesoemo (CEO Multistrada Arah Sarana), IGN Anom (Ketua MPR RI), dan Taufiq Ismail (sastrawan dan aktivis).

UPI juga acap kali menempati peringkat tinggi di antara perguruan tinggi di Indonesia, baik dalam hal akademik maupun kinerja luar biasa di luar kampus.

 

Universitas Padjadjaran (Unpad)

 

Unpad menduduki peringkat ke dua yang menjadi salah satu penguruan tinggi negeri terbaik di di Bandung berdasarkan versi tersebut. Unpad menduduki rangking 283 di Asia dan 1.146 di dunia.

Kampus yang berlokasi Kabupaten Sumedang dan Kota Bandung itu menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang studi, antara lain ilmu kedokteran, ilmu pertanian, ilmu sosial, humaniora, teknik, dan ilmu alam.

Universitas ini memiliki empat belas fakultas, termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Unpad juga memiliki sejumlah pusat penelitian dan institut, seperti Pusat Studi Asia Tenggara dan Pusat Studi Perubahan Iklim dan Lingkungan.

Perguruan tinggi negeri ini juga memiliki mahasiswa yang beragam dan reputasi internasional yang kuat, dengan kemitraan dan kolaborasi dengan universitas dan institusi di seluruh dunia.

Universitas berkomitmen untuk memberikan para mahasiswanya pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan mereka untuk karir yang sukses dan berkontribusi pada kemajuan pengetahuan dan masyarakat secara keseluruhan.

 

Institut Teknologi Bandung (ITB)

 

ITB merupakan perguruan tinggi negeri terbaik pertama di Kota Bandung, dan menduduki rangking 200 di Asia, 919 di dunia. Posisi kampus ini juga tidak jauh beda dengan Unpad yaitu berada di dua lokasi Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang.

ITB sudah ada sejak 1920 sebagai Technische Hoogeschool te Bandoeng (THB) dan sejak itu menjadi salah satu sekolah teknik terbaik di Indonesia.

ITB menawarkan program sarjana, magister, dan doktoral di berbagai bidang sains dan teknologi, termasuk teknik, matematika, fisika, kimia, ilmu kebumian, dan arsitektur.

Universitas juga memiliki pusat penelitian dan institut, seperti Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi, Pusat Penelitian Energi Terbarukan (RCRE), dan Institut Pengkajian Teknologi dan Energi (ITAE).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan