3 Perguruan Tinggi di Indonesia yang Sempat Jadi Bagian dari Perguruan Tinggi Lain, Ada dari Bandung!

JABAR EKSPRES – Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia, dari Perguruan Tinggi Negeri hingga Perguruan Tinggi Swasta yang jumlahnya semakin bertambah.

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki sejarahnya masing-masing yang sangat menarik jika dibahas.

Ada yang sudah berdiri sejak lama, bahkan ada juga perguruan tinggi yang ternyata pernah menjadi bagian dari perguruan tinggi lain. Kamu sudah tahu belum?

Nah, dalam artikel kali ini akan mengulas terkait 3 perguruan tinggi di Indonesia yang pernah jadi bagian dari perguruan tinggi lainya. Simak daftarnya berikut ini.

Baca Juga: Siap-Siap Sebentar Lagi Cair, Ini Besaran Gaji 13 PNS

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Hadirnya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tidak lepas dari pengaruh Fakultas Pedagogik (FP) Universitas Gajah Mada (UGM) yang telah didirikan sejak tanggal 19 Sepetember 1995.

Diketahui, bahwa FP UGM sebelumnya terdiri dari Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani. Hingga akhirnya pada tanggal 2 Februari 1962 kedua bagian tersebut dipecah dalam tiga fakultas yang dinamakan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kemudian, FKIP UGM mengalami peningkatan pesat di tahun yang sama dengan semakin dilirik dan diminati oleh masyarakat.

Karena hal tersebut, munculah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.92 Tahun 1962 tentang didirikannya Institut Pendidikan Guru (IPG).

Namun, setelah berlangsung dalam kurun waktu satu tahun, FKIP dan IPG akhirnya digabung dan dinamakan dengan Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta yang kini dikenal dengan nama UNY.

Baca Juga: Bakal Cair 5 Juni 2023, Intip Besaran Gaji 13 PNS

Institut Pertanian Bogor

Perguruan Tinggi Negeri ini resmi berdiri pada tahun 1963. Namun, sebelumnya Institut Pertanian Bogor (IPB) sempat menjadi bagian dari Universitas Indonesia (UI).

Hal ini bermula dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI yang berlokasi di Bogor yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya IPB.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 91 Tahun 1963, fakultas-fakultas tersebut akhirnya berpisah dengan UI.

Selain itu, Presiden Soekarno juga telah mengesahkan Keputusan No 279 tahun Tahun 1965. Hingga akhirnya beridirilah IPD dan peringatan hari jadi IPB dilakukan setiap tanggal 1 September.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan