Penumpang KAJJ Stasiun Gambir dan Pasar Senen Alami Lonjakan Tinggi Per 1 Juni

JABAR EKSPRES – Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen melonjak. Sebanyak 99 ribu tiket telah dipesan untuk periode keberangkatan dari tanggal 31 Mei sampai dengan 4 Juni 2023.

Menurut data pemesanan tiket, volume tertinggi jatuh pada hari Kamis, 1 Juni 2023, dengan sekitar 32 ribu pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Dengan jumlah 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir.

Seluruh pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat dari Pasar Senen dan Gambir diimbau untuk terus memperhatikan jadwal keberangkatannya. Karena, mulai Kamis, 1 Juni 2023, Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

GAPEKA merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan KA.

Ada beberapa perubahan dari GAPEKA sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta.

Beberapa jadwal KAJJ, keberangkatan maupun kedatangan, akan mengalami perubahan mulai periode 1 Juni 2023.

Untuk KAI Daop 1 Jakarta, mengimbau kepada seluruh pelanggan yang sudah membeli tiket keberangkatan pada tanggal 1 Juni dan setelahnya untuk melakukan pemeriksaan kembali jadwal keberangkatannya agar tidak tertinggal atau salah naik Kereta Api.

Salah satu contohnya, KA Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi yang semula akan berangkat pukul 15.50 WIB, menjadi berangkat pukul 20.45 WIB.

Para penumpang Kereta Api yang tiba di stasiun keberangkatan sekali lagi diingatkan untuk selalu memperhatikan pengumuman yang disampaikan oleh Petugas Stasiun.

Bagi wilayah Daerah Operasional 1 Jakarta, GAPEKA 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KAJJ sebesar total 2.512 menit per hari.

Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 658 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan