Memasuki Libur Panjang, 300 Personel Polresta Bandung Siap Amankan Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Sebanyak 300 personel Polresta Bandung dikerahkan menjelang libur panjang dalam rangka Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo mengatakan jika 300 personil ini nantinya akan ditempatkan di beberapa titik lokasi yang ada di Kabupaten Bandung.

Khususnya dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan wisatawan yang akan berlibur di wilayah Kabupaten Bandung.

“Kita ketahui bersama bahwa hari ini adalah hari Lahir Pancasila, kemudian hari Jumat hari libur bersama, sabtu minggu weekend, sehingga tidak menutup kemungkinan akan banyak warga masyarakat dari Jakarta yang akan liburan ke Kabupaten Bandung,” ujar Kusworo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kusworo menambahkan jika Kabupaten Bandung sendiri terdapat banyak destinasi wisata, oleh karenanya pihaknya akan menambahkan perhatian di titik-titik pengamanan selama libur panjang ini dengan mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Baca Juga: Tempat Kuliner Street Food di Kota Bandung! untuk Hangoutmu

“Karena ruas jalan yang terbatas dibandingkan dengan jumlah volume kendaraan yang meningkat, tentunya akan ada antrian kendaraan,” tambahnya.

“Tentunya personil pengamanan sangat diperlukan di lapangan, tujuannya adalah untuk mengantisipasi ada masyarakat atau pengemudi yang ingin mendahului sehingga menyebabkan berhadap-hadapan dengan kendaraan dari arus yang berlawanan,” lanjutnya.

Selain untuk mengamankan jalur wisata, personil ini nantinya juga akan mengantisipasi tindak kejahatan jalanan baik itu jambret ataupun copet.

“Karena sudah pasti volume kendaraan dan jumlah pengunjung di tempat wisata dipastikan akan meningkat makanya kita antisipasi tindak kejahatannya juga,” sebutnya.

Meski begitu Kusworo pun tetap akan menjadi selama libur panjang ini rumah-rumah warga yang ditinggalkan dalam keadaan kosong selama liburan.

“Selama empat hari kedepan, patroli polsek maupun patroli lantas, patroli samapta kami tingkatkan di daerah-daerah perumahan mengantisipasi adanya pencurian rumah kosong,” terangnya.

Baca Juga: Hari Jadi Bogor, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Berikan Diskon Untuk Pelanggan

Selain mengamankan sejumlah tempat wisata dan juga rumah milik warga. Polresta Bandung pun akan melakukan patroli ke beberapa tempat hiburan seperti cafe maupun resto di beberapa wilayah Kabupaten Bandung seperti di wilayah Cimenyan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan