Motor Listrik Kymco Ionex Ternyata Gak Perlu Ngecas Baterai, Siap Dijual di Indonesia

JABAR EKSPRES- Kymco sudah tidak asing di Indonesia pasalnya pabrikan asal Taiwan ini banyak diminati di Indonesia. Kali ini motor listrik hadir dari Kymco dan kabarnya gak perlu proses charging loh.

Kymco sudah menjadi merek yang tidak asing di Indonesia, karena pabrikan asal Taiwan ini mendapatkan banyak minat di tanah air. Kali ini, Kymco memperkenalkan motor listrik yang kabarnya tidak memerlukan proses pengisian daya. Motor-motor ini dipamerkan dalam acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang lalu.

Secara total, ada satu unit yang siap untuk dipasarkan, sementara tiga unit lainnya masih dalam bentuk prototipe dan akan segera dipasarkan secara resmi.

Motor pertama adalah skuter yang mirip dengan Kymco Free EX, motor yang sebelumnya telah dipasarkan di Indonesia. Sekarang, skuter tersebut diberi nama Kymco Agility EV dan menggunakan tenaga listrik. Motor ini menggunakan baterai Li-NMC dengan kapasitas 50,82V/34,3 Ah, memiliki kecepatan maksimum 50 km/jam, dan jarak tempuh hingga 90 km. Pada tahap awal, Kymco Free EX yang telah siap akan dipasarkan atau disewakan kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan armada kendaraan listrik.

Sedangkan motor listrik yang berupa prototipe adalah Kymco i-One Series, yaitu i-One Xs dan i-One Plus, keduanya menggunakan motor listrik dengan daya 2.000 watt.

Terakhir, terdapat sepeda listrik yang bernama Kymco Mo One, dengan motor listrik berdaya 400 watt. Kecepatan maksimum sepeda ini berkisar antara 25 hingga 50 kilometer/jam, dan jarak tempuhnya mencapai 90 kilometer. Yang menarik, motor-motor listrik ini dapat beroperasi tanpa perlu melakukan pengisian daya. Kymco telah menyediakan skema penukaran baterai untuk mempermudah pengguna.

Dengan demikian, tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai, karena ketika baterai habis, dapat langsung dilakukan pertukaran baterai. Terdapat total 20 titik stasiun pertukaran baterai di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, sayangnya, yang diperkenalkan dalam PEVS 2023 ini baru akan dipasarkan dalam skema bisnis ke bisnis (business-to-business), sehingga belum tersedia untuk konsumen secara langsung.

Kymco Indonesia masih menunggu hingga jumlah stasiun pertukaran baterai mencapai jumlah yang ideal untuk melayani konsumen secara umum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan