Bukan dengan Obat dan Perawatan, Inilah Cara Membuat Wajah menjadi Cerah

JABAR EKSPRES – Ternyata, untuk membuat wajah cerah tidak hanya diperlukan perawatan dari luar. Melainkan juga diperlukan perawatan dari dalam.

Sama seperti halnya menjaga wajah yang cerah dengan berbagai obat dan perawatan dari luar, faktor dalam pun juga ikut andil dalam membuat wajah menjadi cerah.

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah Rahimahullah, seorang ulama yang terkenal pada masanya telah membagikan tips agar wajah menjadi cerah. Bukan menggunakan faktor luar, akan tetapi faktor dalam.

BACA JUGA: Ga Mau Punya Fake Friends? Ini 3 Cara Mengetahui Sifat Asli Seseorang

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata dalam kitab Zaadul Ma’ad jilid 2, halaman 216:

أربعة تزيد في ماء الوجه وبهجته : المروءة، والوفاء، والكرم، والتقوى

“Empat perkara yang mencerahkan wajah dan membuatnya semakin elok: 1) menjaga kehormatan, 2) menjaga amanah, 3) dermawan, dan 4) ketaqwaan.”

Berdasarkan penjelasan Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah, 4 faktor itu akan membuat wajah menjadi cerah, baik secara lahiriyah maupun bathiniyah.

BACA JUGA: Tips Agar Otak Tidak Lagi Berpikiran Kotor, Dijamin Berhasil!

  1. Menjaga kehormatan

Menjaga kehormatan ini bukanlah tentang menjaga kemaluan saja. Melainkan juga tentang harga diri, baik pribadi maupun kelompok.

  1. Menjaga amanah

Menjaga amanah merupakan salah satu ciri dari seorang muslim. Andai dia menyia-nyiakan amanah, maka akan termasuk dalam golongan orang munafik.

  1. Dermawan

Dermawan merupakan bentuk memberikan pertolongan pada sesama. Hal ini juga memiliki efek yang besar seperti memperluas tali silaturahmi, meringankan beban yang ada di dalam harta, dan sebagainya. Sifat inipun akan membuat hati menjadi tenang.

  1. Ketaqwaan

Taqwa merupakan tingkatan tertinggi dalam keimanan. Taqwa berarti mengikuti segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Demikianlah cara membuat wajah terlihat cerah baik secara lahiriyah maupun bathiniyah. Semua hal tersebut bukanlah sesuatu yang berat untuk dikerjakan jika ada niatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. (*)

BACA JUGA: Amalan-Amalan Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Masa Tua

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan