Arti, Filosofi, dan Inspirasi Logo IKN Nusantara yang Menggambarkan Pohon Hayat

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengungkapkan arti logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Logo IKN Nusantara terpilih setelah melalui proses seleksi yang melibatkan peserta-peserta yang mengikuti sayembara.

Acara peluncuran logo IKN Nusantara yang terpilih berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (30/5/2023).

Jokowi menyampaikan bahwa logo IKN terpilih ini akan menjadi identitas visual resmi bagi IKN di masa yang akan datang.

“Hari ini kita akan melakukan peluncuran logo baru ibukota nusantara yang nantinya ini akan menjadi identitas visual bagi IKN. Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita bahwa telah melalui proses sayembara yang sangat selektif,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 30 Mei 2023.

BACA JUGA: Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN, Ridwan Kamil Buka Suara

Logo terpilih untuk IKN memiliki tema “Pohon Hayat Nusantara” yang dirancang oleh Aulia Akbar.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai profil, arti dan filosofi logo IKN Nusantara Pohon Hayat yang telah secara resmi diluncurkan:

Arti Logo IKN Nusantara Pohon Hayat

Menurut laporan yang diunggah oleh akun Instagram resmi IKN pada hari Selasa (30/5/2023), logo IKN Nusantara dengan tema “Pohon Hayat Nusantara” terinspirasi oleh penghayatan simbolisme pohon yang beragam dari barat hingga timur Indonesia.

Logo ini mencerminkan sumber kehidupan dan kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Nusantara. Logo IKN Nusantara Pohon Hayat terdiri dari lima akar pohon, tujuh batang, dan tujuh belas kembang mekar.

Berikut makna masing-masing unsur dalam logo IKN “Pohon Hayat Nusantara”:

– 5 akarnya melambangkan Pancasila

– 7 batangnya mewakili pulau besar

– 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

Filosofi Logo IKN Nusantara Pohon Hayat

Sebelum acara peluncuran logo IKN, Presiden Jokowi telah menjelaskan filosofi logo IKN Nusantara yang mengusung tema “Pohon Hayat”.

Jokowi menyatakan bahwa filosofi Pohon Hayat tersebut juga sejalan dengan visi pembangunan IKN. Tema Pohon Hayat ini sejalan dengan semangat untuk meningkatkan rasa kebanggaan terhadap Indonesia.

“Logo Pohon Hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya,” ujar Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan