5 Resep Teh Herbal yang Efektif Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

JABAR EKSPRES – Gula darah tinggi dan kolesterol merupakan masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di era modern ini. Selain mengikuti pola makan sehat dan gaya hidup aktif, mengonsumsi teh herbal juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah dan kolesterol.

Ada lima resep teh herbal yang efektif untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Simak resep-resep berikut ini dan nikmati manfaatnya.

1. Teh Daun Jambu Biji

Teh daun jambu biji mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Caranya, rebus beberapa lembar daun jambu biji dalam air mendidih selama sekitar 15 menit.

Saring dan minum teh ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Teh daun jambu biji juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Teh Cinnamon (Kayu Manis)

Kayu manis dikenal memiliki efek menurunkan gula darah. Untuk membuat teh cinnamon, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air mendidih.

Diamkan selama beberapa menit, saring, dan minum teh ini secara teratur. Selain menurunkan gula darah, teh cinnamon juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Teh Hijau

Teh hijau telah terkenal selama berabad-abad karena manfaat kesehatannya yang melimpah. Teh hijau mengandung senyawa bernama polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah.

Teh hijau juga dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Untuk membuat teh hijau, rendam kantong teh hijau dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian saring dan minum.

4. Teh Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Teh kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

Untuk membuat teh kunyit, campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir air mendidih. Tambahkan sedikit madu atau perasan lemon untuk memberikan rasa tambahan. Saring dan minum teh ini secara teratur.

5. Teh Ginseng

Ginseng telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai tonik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Teh ginseng dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan