Tren Artis Nyaleg, Begini Tanggapan Warga hingga Kepala Daerah di Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Tren artis terjun ke dunia politik kini tengah jadi sorotan. Popularitas mereka, baik sebagai pemusik, aktor, aktris, model, hingga pelawak dinilai mendongkrak elektabilitas ataupun perolehan suara.

Terkait hal itu, tak sedikit pro dan kontra dari masyarakat pun menghiasi fenomena tersebut.

Seperti yang diutarakan oleh warga asal Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Agus Mingkail (35), fenomena pesohor terjun ke dunia politik itu telah menggerus popularitas atau pendulang suara bagi parpol di pemilu.

BACA JUGA: 8 Ahli Waris Perangkat Kelurahan dan Kecamatan di Cimahi Terima Santunan Puluhan Juta Rupiah

“Mungkin untuk elektabilitas parpol itu sendiri, tapi saya berharap ketika terpilih mereka bisa mengemukakan gagasannya ketika sudah duduk di kursi parlemen,” kata Agus, pemuda asal Desa Sumanah kepada wartawan, Selasa (30/5/2023).

Kendati mengakui banyak artis yang memiliki kapabilitas untuk masuk ke dunia politik, Agus menyayangkan adanya selebritas yang menjadi politikus karena popularitasnya saja.

“Jadi jangan karena popularitasnya karena ketika mereka jadi. Mereka harus betul-betul mengerti apa yang menjadi tugasnya, terutama bagi masyarakat di daerah,” imbuhnya.

Berbeda dengan yang diutarakan Wiwin Chaerani (50) ibu rumah tangga warga asal Desa/Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ia beranggapan bahwa artis memiliki hak untuk dipilih dan memilih. Mereka juga punya kompetensi atau kemampuan masing-masing.

“Setuju aja, karena negara kita demokratis. Jadi siapa saja boleh mengikutinya,” katanya.

Ketika ditanya nama artis yang akan maju di Caleg, Ibu lima anak ini mengaku hanya mengetahui Verrel Bramasta.

Kendati demikian, tegas Wiwin, siapa pun yang hendak mencalonkan sebagai wakil rakyat. Pihaknya berharap para pesohor itu tak hanya bermodalkan popularitas saja melainkan menepati janji-janjinya saat terpilih nanti.

“Taunya Verrel aja karena ganteng. Tapi saya berharap mereka ketika terpilih bisa menepati janji-janjinya,” harapnya.

Ditempat berbeda, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan yang juga politisi PDIP menyambut baik banyaknya artis yang terjun langsung ke dunia politik.

Menurutnya, hadirnya para selebritis di dunia politik membawa warna baru terhadap kemajuan daerah maupun Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan