Situ Patenggang, Pesona Danau di Tengah Kepungan Hutan nan Hijau

JABAR EKSPRES – Situ Patenggang yang terletak di Kabupaten Bandung merupakan salah satu bentuk keindahan alam yang dimiliki oleh Jawa Barat. Kawasan ini selalu masuk list kunjungan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Situ Patenggang menyajikan suasana alam yang sejuk nan asri serta memanjakan mata. Hawa-hawa di sana nan sejuk membuat segala kepenatan dan stress akan suasana kota langsung hilang. Kalau kamu datang dari daerah perkotaan, objek wisata yang satu ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Kawasan danau ini terletak di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih, sekitar 6 kilometer. Jika hitungan dari Kota Bandung, maka jarak tempuhnya sekitar 49 km.

BACA JUGA: Wood Bridge, Spot Ikonik Jembatan yang Menantang dan Memacu Adrenalin di Orchid Forest Cikole

Situ Patenggang ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya masih sangat segar. Selain itu, kawasan ini memiliki luas sekitar 45.000 hektare dan dikelilingi oleh cagar alam yang masih sangat hijau dan luas. Luas cagar alam tersebut sekitar 123.077 hektare.

Objek wisata ini telah dibuka sejak 1981 dan berada di bawah pengawasan Perhutani.

Wisata ini pernah digunakan syuting produksi sebuah film yang berjudul My Heart, dimana lokasi syutingnya memperlihatkan sang tokoh mendayung perahu di kawasan danau.

BACA JUGA: Menikmati Syahdunya Matahari Terbit di Sunrise Point Cukul

Menurut salah satu penjaga wisata Situ Patenggang, Yuni mengatakan bahwa yang menjadi daya tarik wisatawan adalah menikmati keindahan Situ Patenggang sambil mendalami makna sejarah. Selain itu, wisatawan dapat berkeliling danau dengan beragam wahana, seperti menyewa perahu dayung.

“Pengunjung dapat menikmati keindahan Situ Patenggang sambil mendalami sejarah, berkeliling danau dengan wahana yang telah kami sediakan,” kata Yuni kepada Jabar Ekspres.

Di wisata ini kita juga bisa menikmati perkebunan teh yang eksotis, dan berbagai keindahan lainnya seperti keindahan menikmati malam bertabur bintang dengan menyewa penginapan yang ada di sekitar wisata Situ Patenggang dan berbagai keindahan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan