Memanas! Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Disindir UAS Aliran Sesat!

JABAREKSPRES – Pondok Pesantren Al Zaytun memang terkenal dengan banyak kontroversial yang dibuat oleh para pimpinannya.

Ada banyak kejanggalan dari Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang tersebut. Salah satu ustaz kondang yaitu ustaz Abdul Somad (UAS) pun turut berkomentar secara implisit tentang pesantren tersebut.

“Jangan memasukkan anak karena bangunannya megah, rupanya aliran sesat. Bisa pula Syekhnya di depan santri di dalam masjid, anak-anak diajarkan lagu Havenu Shalom Alaechim, itu salam

Yahudi bodoh. Ini orang mesti ditangkap karena antek Yahudi.”

Sindiran yang dilontarkan oleh ustaz Abdul Somad tersebut disampaikan baru-baru ini ketika berceramah di Jambi.

Seperti diketahui bahwasannya Al Zaytun membuat hal kontroversial bukan saat ini saja, tetapi sudah sejak lama.

Bahkan MUI pernah melakukan kajian pada tahun 2002 dan Al Zaytun menurut informasi berdiri Kemenag berdiri tahun 1994. Kemudian mendirikan Madrasah Aliyah tahun 2003, artinya

sebelum 2003 sudah ada kajian dari MUI. Ada beberapa temuan MUI setelah dilakukan wawancara dengan beberapa pihak dari ponpes tersebut baik dari sumber primer dan sekunder.

Baca Juga: Ternyata Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang Buatan Intelijen?

Hasil Penelitian MUI tentang Al Zaytun

Pertama adanya keterkaitan antara Al Zaytun dengan NII KW 9 pada tiga aspek, yaitu pada sisi historisnya kemudian pada sisi finansialnya dan kemudian pada sisi leadershipnya.

Sejak penelitian 2002 MUI sudah menyimpulkan itu, tetapi pada aspek lembaga pendidikannya tidak temukan penyimpangan ajaran. Cuma hasil penelitian itu kemudian memperoleh tantangan

kembali sehingga dengan kondisi kontemporer, kedudukan informasi memiliki kemungkinan benar dan kemungkinan salah.

Kemudian ditambah lagi jelang idul fitri kemarin adanya video Al Zaytun yang viral terkait masalah-masalah yang beririsan dengan keagamaan.

MUI pun kini membentuk kembali tim gabungan pengkajian untuk melakukan langkah-langkah klarifikasi terhadap Panji Gumilang dan anteknya.

Tanggapan Maruf Amin

Sebelumnya Wakil Presiden Maruf Amin pun memberikan pendapat tentang video ucapan salam dari Panji Gumilang dan pengikutnya.

Maruf Amin mengharapkan tidak adanya ketegangan akibat dari isu-isu agama yang tidak lazim selama ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan