Sarwono Kusumaatmadja, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Era Soeharto, Meninggal Dunia

JABAR EKSPRES – Berita duka datang dari sektor perikanan dan kelautan Indonesia. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Persatuan Nasional, Ir Sarwono Kusumaatmadja, telah meninggal dunia di Penang, Malaysia, Pada Jumat (26/5/23) pukul 17.12 Waktu Malaysia.

Kabar meninggalnya Sarwono Kusumaatmadja telah dikonfirmasi oleh Doni Ismanto, Staf Khusus Bidang Media dan Humas Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jenazah diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Sabtu, (27/5) pukul 15.00 WIB dan langsung dibawa ke rumah duka.

Almarhum Sarwono Kusumaatmadja  akan di makamkan di pemakaman San Diego Hills pada Minggu (28/5/23).

Beliau meninggalkan empat anaknya, bernama Rezal Ashari Kusumaatmadja, Krisnan Kusmara Kusumaatmadja, Devyandra Kusumaatmadja, dan Kendisan Kusumaatmadja.

Selama hidupnya, Sarwono Kusumaatmadja pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Persatuan Bangsa di bawah kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Selain itu, pada masa jabatan Presiden Soeharto, Sarwono juga pernah menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup Indonesia kedua, mulai dari 17 Maret 1993 hingga 17 Maret 1998.

Sarwono adalah seorang birokrat yang berpengalaman. Dia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Masyarakat (1988-1993) dan Menteri Lingkungan Hidup (1993-1998) selama berkarir di pemerintahan Orde Baru.

Pada periode tahun 1999 hingga 2001, saat periode reformasi, Sarwono menjabat sebagai Menteri Kelautan dalam Kabinet Persatuan Bangsa. Pada tahun 2004, dia terpilih sebagai anggota DPD-RI dari DKI Jakarta dalam pemilihan umum.

Selain aktif di pemerintahan, Sarwono juga dikenal sebagai politikus yang melintang sebagai anggota dewan partai Golkar.

Dia pernah menjadi anggota DPR-RI dari tahun 1971 hingga 1988 dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Golkar dari tahun 1983 hingga 1988.

Semasa hidupnya, Sarwono Kusumaatmadja menjabat sebagai Penasihat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Ketua Prakarsa Perubahan Iklim Indonesia.

Di luar kiprahnya di dunia politik, Sarwono juga dikenal sebagai seorang pecinta lingkungan dan kelautan. Ia terkenal sebagai tokoh yang memperjuangkan perlindungan lingkungan dan keberlanjutan sumber daya laut.

Meninggalnya Sarwono Kusumaatmadja merupakan kehilangan yang besar bagi dunia perikanan, kelautan, dan pelestarian lingkungan di Indonesia.

Dedikasinya dan jasa-jasanya dalam menjaga kelestarian sumber daya alam akan selalu diingat dan diapresiasi.

Tinggalkan Balasan