Ketahui Mekanisme PPDB Jalur Afirmasi Kota Bandung 2023, Ini Tahapnya

JABAREKSPRES – Sebelum dimulainya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun 2023, Dinas Pendidikan Kota Bandung memverifikasi data semua calon peserta didik baru.

Dalam upayanya, Dinas Pendidikan Kota Bandung bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Sosial untuk memastikan masyarakat dapat mengakses layanan terkait kependudukan.

Untuk jalur afirmasi kategori Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP), Edy Suparjoto, Ketua Tim PPDB Kota Bandung, menjelaskan bahwa orangtua siswa dan calon peserta didik baru dapat melaporkan diri terlebih dahulu ke Disdukcapil.

“Untuk jalur afirmasi kategori Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP), mereka dapat melapor terlebih dahulu ke Dinas Sosial,” jelasnya dilansir dari prfmnews pada Kamis, 25 Mei 2023.

Edy menambahkan bahwa saat ini PPDB Kota Bandung sedang melakukan pendataan, yang berarti masyarakat atau orangtua siswa dapat mempersiapkan administrasi terkait PPDB.

BACA JUGA: Persiapan dan Persyaratan PPDB Jabar 2023: Jadwal, Dokumen, dan Kuota untuk SMA, SMK, dan SLB

“Kami melakukan sosialisasi secara intensif melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan kanal YouTube Disdik Kota Bandung, di mana kami juga menjawab pertanyaan setiap pukul 16.00 WIB,” katanya.

Edy menjelaskan bahwa pada dasarnya tidak ada perubahan regulasi dan tahapan PPDB di Kota Bandung, karena masih mengikuti Peraturan Mendikbud tahun 2021 dan Peraturan Wali Kota nomor 57 tahun 2021.

Edy menjelaskan bahwa terdapat empat jalur penerimaan dalam PPDB 2023, yaitu zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Edy menegaskan bahwa PPDB 2023 akan tetap menjaga transparansi. Menurutnya, sistem daring yang digunakan dalam pelaksanaan PPDB dapat dengan mudah dipantau, sehingga risiko kecurangan dapat diminimalisir.

Edy berharap agar para peserta didik memperoleh hasil terbaik dalam PPDB 2023. Ia juga mengingatkan orang tua calon peserta didik baru untuk mempersiapkan data administrasi PPDB sejak awal.

“Kami mohon agar data dilengkapi dengan syarat yang diminta, lalu data tersebut diverifikasi untuk menentukan jalur mana yang memiliki peluang besar agar anak dapat diterima di sekolah pilihan, sehingga harapan orang tua dapat terwujud,” ujarnya.

BACA JUGA: Cara Daftar TK Negeri di PPDB Jakarta 2023, Berikut Linknya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan