Alur dan Aturan PPDB Kota Bandung 2023, Simak Selengkapnya Disini!

JABAR EKSPRES – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung sedang menjalankan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 buat TK, SD, sampe SMP. Ini sama aturannya kayak tahun lalu.

Ketua Tim PPDB Kota Bandung, Edy Suparjoto, cerita di acara Bandung Menjawab hari Kamis tanggal 25 Mei 2023, kalo sekarang PPDB 2023 lagi tahap pendataan. Jadi orang tua sama anak-anak udah bisa siapin dokumen-dokumen yang berhubungan sama PPDB.

Biar PPDB 2023 lancar, Disdik Kota Bandung udah ngebikin sosialisasi. Ada beberapa cara, kayak di media, sosmed, sama YouTube Disdik Kota Bandung. Kalo mau tanya-tanya, bisa langsung jam 4 sore WIB.

Intinya, nggak ada peraturan baru buat PPDB di Kota Bandung. Masih ikutin Peraturan Mendikbud tahun 2021 sama Peraturan Wali Kota nomor 57 tahun 2021.

Edy menyebutkan, ada empat jalur buat penerimaan di PPDB 2023. Ada zonasi, prestasi, afirmasi, dan buat yang pindah tugas orang tua.

Baca juga: Cek Info PPDB SD DKI Jakarta 2023, Begini Syarat dan Cara Mendaftarnya!

Teknis PPDB Kota Bandung 2023

Nah, secara teknis, Disdik Kota Bandung juga pastiin semua calon siswa baru terdata dengan baik. Disdik juga kerja sama sama Disdukcapil dan Dinsos supaya masyarakat bisa akses layanan kependudukan.

Jadi begini, urusan teknis seputar dokumen PPDB, kami libatkan dinas-dinas terkait. Kalau kalian butuh dokumen-dokumen kayak KTP, Kartu Keluarga, atau Akta Kelahiran, bisa langsung datang ke Disdukcapil,” kata Edy.

Kalau untuk jalur afirmasi kategori Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP), tinggal lapor aja dulu ke Dinsos,” jelasnya.

Edy pastiin juga transparansi dalam PPDB 2023 terjaga. Menurut dia, sistem online untuk pelaksanaan PPDB bisa dengan gampang dimonitor, jadi peluang adanya kecurangan bisa dikurangin.

Dia berharap semua peserta didik dapetin hasil terbaik di PPDB 2023. Terus, Edy juga penginingin semua orang tua calon siswa baru buat siapin data administrasi PPDB dari awal.

“Mohon lengkapi syarat-syaratnya, terus verifikasi datanya. Coba liat jalur mana yang peluangnya gede buat anak bisa diterima di sekolah yang diinginkan, biar yang diharapin orang tua itu jadi kenyataan,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan