128 Pasangan di Bogor Jalani Isbat Nikah, Plt Bupati Iwan Setiawan Beri Hadiah

JABAR EKSPRES – 128 pasangan dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Cariu, Jonggol dan Tanjungsari menjalani isbat nikah, Jumat, 26 Mei 2023.

Acara isbat nikah yang berlangsung di Kantor Kecamatan Cariu itu dihadiri langsung oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Saat menghadiri isbat nikah, Iwan Setiawan memberikan hadiah berupa voucher honeymoon menginap di Kawasan Puncak untuk tiga pasangan baik muda maupun yang sudah tua.

BACA JUGA: Banyak Jalan Rusak, Dewan Minta Plt Bupati Bogor Turun Kelapangan: Jangan Hanya di Meja

“Ini hadiah dari pemda dan saya sebagai Plt. Bupati Bogor, ini kan penting namanya nikah harus ada resepsi, makanya resepsi disini honeymoon di Puncak,” kata Iwan Setiawan kepada media.

Untuk 2024 mendatang, Pemkab Bogor meminta kuota sebanyak 5000 untuk warga kabupaten Bogor yang belum memiliki akte nikah.

“Saya minta bantuan kades, camat tolong di data warga yang belum punya buku nikah. Sebab pentingnya buku nikah ini, selain untuk tertib administrasi juga penting untuk mempermudah proses administrasi, seperti pembuatan akta kelahiran dan dokumen lainnya,” tambahnya.

Diketahui, kepemilikan buku nikah melalui proses isbat nikah telah tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 74 tentang Perkawinan, pada pasal 2 disebutkan bahwa tiap pernikahan dicatat berdasarkan perundang undangan yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Panitia Isbat Nikah Terpadu, Asep Fahrudin menerangkan, sidang isbat nikah dilakukan untuk mendorong terwujudnya pemenuhan hak perempuan di Kabupaten Bogor.

Selain itu juga, sebagai salah satu wujud pemenuhan hak perlindungan bagi perempuan dan anak untuk menjamin hak-hak perempuan dalam pernikahan.

“Serta bertujuan memberikan perlindungan hukum, jaminan hukum dan keadilan masyarakat khususnya kaum perempuan dalam pernikahan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan, serta menunggu program ketahanan keluarga,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan