Kesyahduan Situ Cukul Bakal Membuat Stress dan Beban Pikiran Langsung Pergi!

JABAR EKSPRES – Situ Cukul merupakan salah satu wisata alam yang berada di Bandung Selatan. Lokasi kawasan wisata ini berada di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Alam yang dimiliki Bandung tentunya sangat syahdu, terutama Bandung Selatan. Dengan suasana hijau yang memanjakan mata, membuat rasa penat setelah bekerja hilang seketika.

Situ Cukul adalah danau yang memiliki potensi wisata, selain Situ Cileunca yang selama ini sudah dikenal dengan rafting di Gravity Adventure. Situ ini juga menjadi sumber air serta tempat untuk budidaya ikan oleh warga setempat.

BACA JUGA: Menikmati Syahdunya Matahari Terbit di Sunrise Point Cukul

Situ Cukul mempunyai luas sekitaran 6 Ha. Namun, pada musim kemarau akan mengalami sedikit penyusutan.

Di wisata ini, kita bisa melihat perebunan teh yang luas dengan bukit-bukit rendah yang mengelilinginya. Selain itu, ada hamparan Situ Cukul yang tenang. Dengan air yang tenang dan indahnya panorama yang disajikan membuat mata tidak ingin lepas darinya.

Menurut salah satu pengunjung, Hidayat (24) mengungkapkan bahwa dirinya sengaja main ke Pangalengan dan terpesona melihat wisata Situ Cukul ini. Akhirnya, dia pun memutuskan diam sejenak untuk menikmati pemandangan dari Situ Cukul sambil ngopi.

“Saya sengaja datang ke Pangalengan untuk main dan seketika terpesona melihat Situ Cukul ini. Akhirnya, saya diam sejenak dulu  untuk menikmati keindahan Situ Cukul sambil ngopi aja,” katanya.

BACA JUGA: Pesona Perkebunan Teh Cukul Pangalengan Menarik Kalangan Wisatawan

Dikarenakan tempat ini bukanlah merupakan tempat wisata yang dikelola, jadi di sini anda tidak akan menemukan ruang untuk parkir, ataupun sarana yang lain seperti kamar mandi serta lapak untuk berjualan. Anda bisa memarkirkan kendaraan di bahu jalan, atau bisa juga membawa masuk kendaraan anda ke jalan kecil menuju perkebunan teh sambil menikmati keindahan Situ Cukul dari atas bukit kecil.

Jalan kecil dan berbatu ini adalah satu diantara jalan utama menuju perkampungan para pekerja perkebunan yang tinggal di puncak bukit.

Lokasi Situ Cukul berada di Jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Wisata ini tepat berada di dekat wisata Sunrise Point Cukul.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan