Resep Rahasia Membuat Bakso Beranak yang Menggugah Selera!

 JABAR EKSPRESBakso merupakan hidangan yang populer dan terkenal di Indonesia dan telah menjadi favorit banyak orang karena kelezatannya. Salah satu variasi bakso yang menarik dan unik adalah bakso beranak.

Bakso beranak terkenal karena memiliki “anak-anak” kecil di dalam bola baksonya.

Hal ini tentu memberikan sensasi berbeda dan mengundang rasa penasaran bagi para pecinta bakso.

Baca juga : Nikmati Kuliner yang Menggugah Selera di Lengkong Kecil Bandung!

Nah, dalam artikel ini, kita akan mengungkapkan resep rahasia untuk membuat bakso beranak yang lezat dan menggugah selera.

Langsung saja masuk ke langkah yang pertama.

Bahan-bahan yang di Perlukan :

  • 500 gram daging sapi giling
  • 250 gram tepung sagu
  • 100 gram es batu, hancurkan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 butir telur
  • 100 ml air es

Langkah-langkah Pembuatan :

1. Pertama, siapkan wadah besar dan campurkan daging sapi giling, tepung sagu, bawang putih yang telah di haluskan, garam, merica bubuk, kecap ikan, dan telur. Aduk semua bahan dengan tangan hingga merata.

2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk hingga adonan menjadi lebih kenyal dan mudah di bentuk.

3. Selanjutnya, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bola kecil seukuran kelereng. Ulangi proses ini hingga semua adonan habis. Bola-bola kecil inilah yang akan menjadi “anak-anak” dalam bakso beranak.

4. Setelah bola-bola kecil selesai di bentuk, didihkan air dalam panci besar. Ketika air sudah mendidih, masukkan bola-bola kecil tersebut ke dalam air panas dan masak hingga bola-bola mengapung ke permukaan air. Ini menandakan bahwa bakso sudah matang.

5. Angkat bakso beranak yang telah matang dan tiriskan.

6. Bakso beranak siap di sajikan. Anda dapat menyajikannya dengan kuah kaldu hangat, mie, tahu, dan bahan pelengkap lainnya sesuai selera.

Tips Tambahan :

Jika ingin memberikan aroma yang lebih kaya pada bakso beranak, Anda dapat menambahkan kaldu tulang sapi atau ayam saat merebus bakso.

Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti daun bawang cincang atau irisan wortel ke dalam adonan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan