Pemkot Bogor Kembali Rencanakan Bangun Sarpras Olahraga di Empat Titik

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah berancang-ancang kembali membangun sarana prasana (Sarpras) olahraga di empat lokasi.

Dalam rencana program peningkatan sarpras olahraga untuk masyarakat itu, diawali dengan mengubah wajah lapangan sepak bola menjadi lebih segar dengan menambahkan sejumlah fasilitas pendukung.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, menjelaskan, salah satu lapangan sepak bola yang pertama dibidik untuk direvitalisasi adalah Lapangan Genteng di wilayah Kecamatan Bogor Selatan.

“Lapangan Genteng nantinya akan dijadikan Taman Genteng sama seperti Taman Manunggal,” ungkapnya dikutip Selasa, 23 Mei 2023.

Dilokasi tersebut, sambung dia, desainnya bakal dikombinasikan antara aktivitas olaharaga masyarakat dengan taman dan keindahan.

Ia mengaku, saat ini Detail Engineering Design (DED) untuk Taman Genteng sudah ada dan akan diajukan diperubahan.

Pembangunan taman yang bakal menelan anggaran dari APBD Kota Bogor sekitar Rp4-5 miliar itu akan dilakukan di tahun 2024.

“Jadi, kalau sudah dianggarkan tahun depan butuh waktu 7-8 bulan untuk pembangunan, setelah itu Taman Genteng bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga,” jelasnya.

Karena berkonsep taman, Taman Genteng tersebut nantinya akan memiliki fasilitas seperti foodcourt, lahan parkir, tribun, area bermain anak dan jogging track.

Namun, Dedie menjelaskan untuk besar lapangan tidak akan dikurangi dari lapangan semula. Sebab pihaknya tak ingin merubah pola kebiasaan masyarakat berolahraga.

“Karena lapangan milik masyarakat Genteng ini terbiasa dipakai untuk pertandingan sepakbola (bukan minisoccer). Besar lapangan InsyaAllah kita akan dorong untuk lebih besar daripada Taman Manunggal, sebab lapangan ini biasa dipakai untuk 11 lawan 11, meskipun tidak standar FIFA, kita akan kombinasikan antara taman dan lapangan sepakbola,” bebernya.

Sementara, pembangunan sarana olahraga yang sudah memiliki alokasi anggaran lainnya adalah Kampung Atlit di Keluraham Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

“Insya Allah tahun ini kita bereskan dulu jalan akses menuju kampung atlit sambil kita selaraskan dengan lanjutan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi III,” sebutnya.

Untuk lokasi ketiga, adalah di komplek pemerintahan di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur untuk disediakan lapangan sepakbola.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan