TikTok Lakukan Ini Demi Keamanan Penggunanya yang Masih Remaja

JABAR EKSPRES- TikTok memberikan prioritas pada keamanan dan kenyamanan pengguna remaja. Mereka telah menyusun serangkaian Panduan Komunitas untuk mengatasi risiko dan bahaya yang mungkin timbul, dengan tujuan menciptakan ruang digital yang aman dan ramah bagi remaja.

TikTok juga bekerja sama dengan mitra keamanan seperti WAHID Foundation, Yayasan Sejiwa Amini (SEJIWA), dan Yayasan Pulih untuk menyosialisasikan Panduan Komunitas dan upaya yang dilakukan kepada lebih banyak komunitas.

Berikut adalah lima langkah yang diambil oleh TikTok untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna remaja, seperti yang dikutip dari siaran pers mereka pada hari Senin:

Batasan usia dan verifikasi

TikTok menerapkan batasan usia minimum 14 tahun di Indonesia untuk memiliki akun TikTok. Tim moderasi TikTok melakukan verifikasi untuk memastikan pengguna memasukkan usia yang benar. Jika pengguna diketahui berusia di bawah batasan usia, akun mereka akan secara otomatis diblokir.

Privasi akun dan tingkat konten

TikTok memperkenalkan Level Konten yang menyaring konten yang tidak sesuai untuk pengguna remaja. Pengaturan privasi secara default dibatasi, dan konten yang dibuat oleh pengguna remaja tidak akan muncul di deretan konten “For You Page” (FYP). Pengguna harus berusia minimal 16 tahun untuk menggunakan pesan langsung (direct message), dan minimal 18 tahun untuk menggunakan fitur LIVE, mengirim hadiah kepada kreator selama sesi LIVE, atau menggunakan fitur monetisasi.

Panduan Komunitas terbaru

TikTok secara rutin memperbarui Panduan Komunitas mereka untuk membantu kreator memahami aturan dan standar yang berlaku. Pembaruan terbaru yang berlaku mulai 21 April 2023, mencakup prinsip-prinsip yang lebih komprehensif untuk melindungi pengguna remaja berusia minimal 14 tahun. Pembaruan ini mencakup tambahan kata “suku” sebagai langkah untuk melindungi pengguna dari ujaran kebencian dan perilaku penindasan online. Pembaruan lainnya termasuk pengembangan aturan tentang media sintesis (konten yang dibuat atau dimodifikasi oleh teknologi AI) dan penjelasan lebih lanjut tentang pendekatan TikTok terhadap akun pemerintah, politisi, dan partai politik terkait integritas sipil dan pemilu.

Fitur pengendalian orang tua

TikTok menyediakan fitur pengendalian orang tua untuk membantu mereka menjaga hubungan yang sehat antara remaja dan perangkat digital. Fitur batas waktu layar membantu orang tua mengatur waktu penggunaan gawai oleh remaja mereka, sehingga mereka juga memiliki waktu untuk interaksi sosial di dunia nyata, olahraga, dan istirahat yang cukup. Melalui fitur “Family Pairing” yang diperbarui sejak Maret, TikTok melibatkan orang tua dan keluarga dalam mendampingi remaja. Fitur tersebut mencakup batas waktu harian yang dapat ditentukan, dasbor waktu layar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan