Wow! Uang Rupiah TE 2022 Sabet Penghargaan The Best News Banknote pada Currency Award ke-17 IACA di Meksiko

JABAR EKSPRES – Indonesia menjadi sorotan dunia usai uang rupiah tahun emisi atau TE 2022 dinobatkan sebagai the best news banknote atau seri uang kertas terbaik pada Currency Award ke-17 yang diselenggarakan oleh International Association of Currency Affairs (IACA) tahun 2023.

Seperti diketahui bahwa Currency Award ke-17 yang diselenggarakan oleh IACA dan uang rupiah TE 2022 menyabet pengharagaan sebagai the best news banknote atau seri uang kertas terbaik tersebut digelar di Meksiko pada Selasa, 16 Mei 2023 lalu.

Indonesia pun dinilai patut bangga dengan pencapaiannya yakni uang rupiah TE 2022 yang menyabet penghargaan sebagai the best news banknote atau seri uang kertas terbaik pada Currency Award ke-17 yang digelar oleh IACA tahun 2023 tersebut.

BACA JUGA: Rupiah Weakens as Markets Await US Inflation Report

Sebagai informasi, dalam ajang ini Indonesia bersaing dnegan empat finalis lainnya.
Di antaranya yakno Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Terkait prestasi membanggakan Indonesia tersebut diungkap oleh Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya, dalam keterangan di Jakarta pada Jumat, 19 Mei 2023 kemarin.

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan mengenai unsur penilaian pemenang pada penghargaan tersebut.

Yakni ditentukan melalui kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

Ia mengatakan bahwa hal kriteria penilaian tersbeut dimiliki oleh uang rupiah TE 2022 yangmembawa nama Indonesia menyabet penghargaan tersebut.

Kemudian, Dwina Septiani Wijaya juga mengatakan melalui ajang tersebut, kompetensi Peruri sebagai perusahaan percetakan uang telah dibuktikan melalui torehan penghargaan tingkat dunia.

“Pembaruan unsur fitur-fitur sekuriti yang melekat dalam uang rupiah merupakan bukti nyata bahwa Peruri terus meningkatkan kapabilitasnya sebagai banknotes printer kelas dunia.

Sehingga berhasil membawa uang rupiah mendapat afirmasi dari dunia internasional sebagai uang kertas yang berkualitas,” katanya, dikutip JabarEkspres.com dari Antara pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Seperti diektahui bahwa Indoneisa sempat mengeluarkan uang rupiah TE 2022 yang masih digunakan sebagai alat transaksi yang sah hingga saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan