Pertarungan SUV: Toyota Yaris Cross vs Honda HR-V, Siapa Rajanya?

JABAR EKSPRESToyota Yaris Cross 2023 resmi meluncur di Indonesia pada Senin (15/5). Tentu hal ini menambah persaingan di segmen SUV lima penumpang yang sudah di isi oleh Honda HR-V yang menjadi salah satunya.

Tersedia dalam varian bensin dan hybrid, Yaris Cross menjadi satu-satunya SUV lima penumpang dengan varian hybrid di antara beberapa pesaingnya.

Baca juga : Toyota Yaris Cross 2023 Membawa Kecanggihan SUV ke Level Baru!

Bagaimana spesifikasi Yaris Cross 2023 di bandingkan dengan HR-V 2023? Mari kita bahas lebih lanjut.

Toyota Cross 2023

Yaris Cross memiliki desain yang mirip dengan SUV dua baris lainnya dari Toyota, yaitu Corolla Cross, namun dengan ukuran yang lebih kompak.

Dimensinya mencapai 4.310 mm panjang, 1.770 mm lebar, 1.615 mm tinggi, dan jarak antara sumbu roda sebesar 2.620 mm.

Sebenarnya, Yaris Cross 2023 telah di gunakan sebagai mobil Toyota Segmen B sejak 2020 di Jepang dan 2021 di Eropa.

Yaris Cross yang di rancang untuk Indonesia menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sementara versi internasional menggunakan Toyota New Global Architecture.

Produksi Yaris Cross di lakukan secara lokal setelah Innova Zenix Hybrid.

Mesin yang di gunakan adalah 2NR-VE 1.500 cc empat silinder VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 78 kW dan torsi puncak 138 Nm.

Dengan varian hybrid 2NR-VEX yang menawarkan tenaga lebih besar, yaitu 82 kW.

Versi hybrid juga di lengkapi dengan fitur EV mode untuk pengalaman berkendara dengan mobil listrik.

Yaris Cross menggunakan baterai lithium dalam sistem hybridnya, yang berbeda dari hybrid Toyota sebelumnya yang menggunakan baterai nikel.

Untuk penggerak roda depan, varian hybrid hanya tersedia dengan transmisi CVT, sedangkan model konvensional memiliki opsi transmisi manual lima percepatan.

Baca juga : Motor Listrik Honda EM1 e akan Dirilis pada Akhir 2023

Tentunya, Yaris Cross juga menawarkan berbagai fitur menarik. Panel dashboard yang lembut memberikan kesan mewah, sedangkan Panoramic Glass Roof with Power Sunshade, panel instrumen TFT 7 inci.

Di tambah lagi, adanya Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi yang meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan.

Fitur-fitur lainnya termasuk Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, dan berbagai fitur keselamatan seperti Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan