KPU Jawa Barat: Tidak Semua Parpol Daftarkan Bacalon DPRD Lengkap 120 Orang

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menutup pendaftaran Bakal Calon (bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ataupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Minggu (14/5). Ternyata tidak semua partai politik (parpol) mendaftarkan penuh kuota bacalon DPRD-nya.

Masing-masing parpol memiliki kuota maksimal 120 orang bacalon untuk DPRD. Itu berdasarkan jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Provinsi Jawa Barat.

Jika ditotal dengan kuota penuh maka seharusnya ada 2.160 bacalon yang didaftarkan ke KPU Jawa Barat. Karena ada 18 parpol yang menjadi peserta pemilihan umum.

BACA JUGA: Dukung Pemekaran Provinsi Jabar, Budiyono Daftar Bacalon DPD Diarak dari Lapangan Sidolig

Tetapi jumlah yang ada di KPU Jawa Barat tidak demikian. “Totalnya ada 2.135 calon,” terang Anggota KPU Jabar Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Endun Abdul Haq, Jumat (19/5).

Endun menguraikan, memang tidak semua parpol memdaftarkan bacalon DPRDnya dengan kuota penuh. Makanya jumlahnya tidak mencapai 2.160 orang. “Seingat saya yang tidak penuh Partai Gelora, PSI dan Partai Ummat,” tuturnya.

Selepas masa pendaftaran ini KPU juga tengah ngebut untuk verifikasi. KPU Jawa Barat akan melakukan pemeriksaan administrasi berkas pendaftaran baik bacaleg DPRD maupun DPD hingga 23 Juni mendatang.

BACA JUGA: PPP Uji Uu Ruzhanul Ulum Peran di Pileg untuk Peluang Pilgub Jabar

Ada beberapa hal yang akan diperiksa. Mulai dari kelengkapan berkas, latar belakang hingga status hukum. “Status hukum itu seperti menyangkut status mantan narapidana. Sekarang masih proses jadi belum lengkap jumlahnya,” cetusnya.

Masih kata Endun, sementara untuk bacalon DPD yang berhak mendaftar juga telah datang ke KPU Jawa Barat. Sehingga lengkap 55 bacalon.

Sementara di Jawa Barat ini perebutan kursi DPRD akan terbagi dalam 15 daerah pemilihan. Jabar 1 sampai Jabar 15. Jumlah kursi di masing-masing dapil juga berbeda. Seperti dapil Jabar I meliputi wilayah Kota Bandung dan Cimahi memperebutkan 8 kursi. Sementara dapil Jabar 2 wilayah Kabupaten Bandung memperebutkan 10 kursi. (son)

BACA JUGA: Banyak Terima Perpindahan Kader Parpol Termasuk Didin Supriadin, NasDem Optimis Rebut 15 Kursi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan