Atlet Dayung Asal Kabupaten Bandung Barat Sabet Emas di Sea Games 2023 Kamboja

BANDUNG BARAT, JABAR EKSPRES – Andri Agus Mulyana (27), atlet cabang olahraga dayung asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) berhasil meraih medali emas nomor 800 m 12 crew putra di ajang Sea Games 2023 di Prek Kampot, Kampot City, Kamboja.

Prestasi ini merupakan capaian yang puas setelah meraih medali emas.

Diketahui, Agus telah mengikuti enam Sea Games sejak tahun 2013 dan telah mempersembahkan sebelas medali emas, lima medali perak, dan tujuh medali perungu selama keikutsertaannya pada SEA Games cabang dayung.

Andri juga merupakan anggota TNI AD berpangkat Sersan Satu (Sertu) yang berdinas di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi.

BACA JUGA: Tim Indonesia Penuhi Target Presiden Jokowi pada SEA Games 2023 Kamboja

Agus mengungkapkan, pada Sea Games 2023 kali ini, Thailand menjadi negara terkuat yang dihadapi Indonesia. Kendati begitu, atlet dayung Indonesia bisa meraih emas.

“Musuh paling berat Thailand, persiapan mereka lebih matang karena Thailand terbiasa berlatih di sungai yang ada arusnya,” katanya saat dihubungi, Jumat 18 Mei 2023.

“Makanya di babak penyisihan jarak 500 meter kita sempat kalah dulu, tapi di final kita mengubah strategi, dan Alhamdulillah karena kekompakan kita meraih medali emas,” tambahnya.

Indonesia khususnya tim TBR menjadi pemegang rekor tercepat dengan catatan waktu 7 menit 08, 240 detik.

“Alhamdulilah meskipun cuaca disana lebih panas kita bisa meraih waktu tercepat hingga mendapatkan medali emas,” katanya.

Terkait persiapan Sea Games 2023 Kamboja, Agus mengikuti pelatihan nasional di training center SEA Games Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Dalam satu minggu, ia berlatih sebanyak 6 kali.

BACA JUGA: Perenang 17 Tahun Asal Indonesia Pecahkan Rekor SEA Games

Ia menegaskan olahraga dayung itu merupakan olahraga yang terukur dan benar-benar mengandalkan daya tahan. Karena itu, Indonesia berhasil meraih emas karena proses latihan yang telah dilalui.

“Misalkan Thailand latihannya 3 kali dalam satu hari, nah kita latihannya 4 kali dalam satu hari. Itu programnya, Jadi kalau latihannya lebih dari musuh kita. Pasti juara,” ungkapnya.

Agus berharap agar prestasi yang diraihnya dapat menginspirasi para atlet dan juga generasi muda di Kabupaten Bandung Barat untuk berusaha lebih giat agar meraih hasil membanggakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan