Apa Itu Nirmana dalam Desain Lengkap dengan Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

  1. Kerjakan sesuai instruksi

Jika salah satu desain nirmana telah dipilih oleh pengajar, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat karya utama. Siapkan media kertas atau bahan sesuai dengan ukuran yang ditetapkan, lalu buatkan nirmana dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan enak dipandang.

BACA JUGA: Link Tes IQ untuk Pelajar SD SMP SMA dan Umum Gratis Terbaru 2023

Baiknya, hindari membuat nirmana beramai-ramai dalam satu ruangan hingga berdesakan dengan teman lainnya. Hal itu untuk menghindari tangan anda tersenggol hingga cat di media kertas terulas di luar pola yang sudah dibuat. Begitupun dengan membuat nirmana 3D yang memerlukan lebih banyak bahan. Anda sebaiknya mengerjakan nirmana ini di ruangan yang cukup leluasa untuk bergerak dan menyimpan semua bahan.

  1. Atur waktu

Hal yang sering luput dari perhatian mahasiswa desain adalah mengatur manajeman waktu dalam mengerjakan tugas kuliah, salah satunya membuat nirmana. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda sebaiknya mengerjakan nirmana sesuai dengan waktu yang dibutuhkan dan tidak mepet dengan waktu pengumpulan. Karena mengerjakan nirmana butuh waktu yang tidak sebentar dari membuat beberapa alternatif pola hingga hasil akhir.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu nirmana, jenis-jenis, prinsip, dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang baru terjun untuk mempelajari desain dan seni rupa.

Tinggalkan Balasan