Apa Itu Nirmana dalam Desain Lengkap dengan Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

JABAR EKSPRES – Nirmana adalah salah satu mata pelajaran dan kuliah bagi mahasiswa atau pun siswa SMK jurusan DKV, desain produk, dan cabang desain yang mempelajari ini pada semester awal.

Ketika awal mendapatkan pelajarannya, mahasiswa desain seringkali kebingungan tentang apa itu arti, jenis, manfaat dan fungsi mempelajari Nirmana.

Seringkali guru atau dosen tidak menjelaskan secara rinci mengapa kita harus mempelajari dan membuat Nirmana. Setelah selesai membuatnya, banyak mahasiswa desain bahkan belum mengerti apa tujuan dosen menyuruh mereka membuat nirmana.

Orang-orang awam pun sering salah mendengar kata Nirmana menjadi Nirwana, padahal keduanya tidak ada keterkaitan sedikitpun.

Apa itu Nirmana?

Jika dinyatakan dalam bentuk yang berbeda, dapat dikatakan bahwa nirmana merujuk pada prinsip atau konsep yang digunakan oleh seniman saat mereka melakukan perancangan.

Istilah Nirmana  berasal dari dua kata, yaitu “nir” yang berarti tanpa atau tidak, dan “mana” yang artinya bentuk atau makna.

BACA JUGA: Apa itu BTS? Bukan Boyband Korea, Ini Pengertian Proyek Tower, Jenis dan Komponennya

Nirmana melibatkan pedoman dalam menggunakan unsur-unsur visual, seperti titik, garis, bentuk, warna, dan tekstur.

Semua elemen ini merupakan dasar dari desain grafis. Ketika unsur-unsur ini digabungkan, mereka membentuk kesatuan yang harmonis dan menyenangkan bagi mata.

Meskipun awalnya tidak memiliki bentuk, melalui penerapan prinsip-prinsip dan konsep-konsepnya, nirmana berubah menjadi karya seni yang memiliki bentuk dan makna.

Ini terjadi karena adanya imajinasi kreatif, baik dalam dimensi dua maupun tiga, yang menghasilkan karya estetis.

Mengapa Harus Mempelajari Nirmana?

Sebagai seorang calon desainer, mempelajari nirmana sangat penting untuk melatih rasa dan irama visual ketika melakukan perancangan.

Memperoleh pemahaman tentang nirmana akan membantu Anda dalam mengerti penggabungan unsur-unsur visual, seperti titik, garis bidang, warna, dan lain sebagainya, serta memahami peran mereka dalam menciptakan sebuah karya.

BACA JUGA: Contoh Soal Himpunan Matematika Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Memperdalam pengetahuan mengenai elemen-elemen ini akan meningkatkan kepekaan dan sensitivitas Anda terhadap desain.

Selain itu, manfaat mempelajari nirmana yaitu mengasah prinsip-prinsip seni, mulai dari penggunaan pencahayaan (gradasi warna), pemanfaatan bentuk, hingga kemampuan untuk menciptakan karya dalam bentuk tiga dimensi atau trimatra.

Tinggalkan Balasan