Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama Ramadan dan Lebaran Idulfitri 2023

JABAREKSPRES – Selama Ramadan, perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman serta fesyen jadi kategori paling banyak diburu mayarakat dalam belanja online di Tokopedia.

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, hasil temuan ini sejalan dengan momentum Ramadan dan Idulfitri yang erat kaitannya dalam menjalin silahturahmi.

‘’Tingginya aktivitas belanja online selama selama Ramadan hingga Idulfitri lalu menjadikan Tokopedia mengalami peningkatan transaksi secara signifikan,’’ kata Ekhel dalam keteranganya, Kamis, (16/5).

Ekhel mengatakan, momentum ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) lokal yang mengandalkan penjualan online melalui aplikasi Tokopedia.

Menurutnya, berdasarkan catatan, prukduk yang mengalami peningkatan penjualan di Tokopedia adalah, beras, mie instan dan daun bawang.

‘’Itu merupakan produk paling laris pada program Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023,’’ ujar Ekhel.

Layanan ini sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Ramadan lalu.

Selain itu, untuk produk fesyen, seperti kaos, sepatu serta kerudung merupakan barang yang paling banyak dibeli masyarakat untuk kebutuhan lebaran Idulfitri lalu.

Sedangkan untuk program layanan Tokopedia Nyam, makanan atau minuman, kurma, madu dan parsel makanan juga ramai diburu masyarakat selama Ramadan sampai Idulfitri.

Sementara itu, berdasarkan catatan, untuk pembelian parsel, jarak terjauh pengiriman adalah dari Jakarta ke Jayapura.

‘’Keberhasilan pengiriman barang ini berkat kerjasama Tokopedia dengan 14 mitra logistik untuk memdahkan pengiriman dalam belanja online,’’ ujarnya.

Selain peningkatan transaksi pembelian, pada program layanan mudik lebaran, pembelian tiket juga mengalami lonjakan.

Berdasarkan data tiket pesawat paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo. Begitupun dengan tiket tujuan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Untuk layanan interaktif penjualan secara live pada layanan Tokopedia Play, waktu ngabuburit jadi jam favorit masyarakat untuk berbelanja secara live.

Sementara untuk program kemanusiaan, Tokopedia juga memiliki fitur untuk pembayaran zakat secara online. Berbagai fitur lainnya untuk mendukung pembayaran juga tersedia di aplikasi Tokopedia.

“Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp 5 miliar pembayaran zakat terkumpul di Tokopedia,” sebut Ekhel. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan