Waduh! Tilang Manual Kembali Berlaku di Jawa Barat

JABAR EKSPRES – Per tanggal 1 Juni 2023, Polda Jawa Barat bakal kembali memberlakukan kebijakan tilang manual. Hal ini dilakukan karena terbatasnya peralatan yang Polda Jawa Barat miliki untuk melakukan tilang elektronik atau e-TLE di sejumlah daerah.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem tilang manual diberlakukan di wilayah yang belum tercakup atau tidak terjangkau dalam sistem e-TLE. Tilang manual dilakukan pada pengguna jalan yang tertangkap tangan oleh petugas saat melakukan pelanggaran lalu lintas,” kata Kombes Pol Ibrahim Tompo, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jabar.

Regulasi tilang manual akan dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Jabar. Akan tetapi, Ibrahim Tompo tidak merincikan bagaimana sistematika pemberlakuan tilang itu.

BACA JUGA: Terdampak Pembangunan Jembatan Otista Bogor, Tirta Pakuan Segera Pindahkan Jalur Pipa Pemasok Air

Polda Jabar mengikuti arahan dari Polri untuk memberlakukan kembali tilang manual. Hal ini disebabkan beberapa hal sehingga peraturan tersebut kembali dilakukan.

“Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) memberikan arahan kepada polda jajaran untuk melakukan atau penguatan kembali dalam penegakan hukum pada bidang lalu lintas, dengan memberlakukan tilang di tempat,” ucap Irjen Sandi Nugroho, Kadiv Humas Polri.

Sandi Nugroho juga mengungkapkan hasil evaluasi Korps Lalu Lintas Polri terkait tilang elektronik yang telah dilakukan tersebut. Salah satu hal yang terjadi adalah meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, terutama di wilayah yang tidak ada e-TLE.

“Berdasarkan hasil evaluasi di beberapa daerah sejak tilang manual tidak diberlakukan, pada lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh kamera e-TLE terjadi peningkatan pelanggaran, terutama pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas sehingga diperlukan pemberlakuan tilang manual sebagai upaya pendukung dan penguatan adanya tilang e-TLE, khususnya pada ruas jalan yang tidak terdapat kamera e-TLE,” jelas Sandi Nugroho. (*)

BACA JUGA: Bikin Geger! Warga Rekam Video Asusila di Sebuah Hotel Kota Tasikmalaya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan