Pesona Legitnya Awug, Kuliner Legendaris Khas Sunda Sejak Abad XIX

JABAR EKSPRES – Untuk kamu orang Sunda pasti sudah tidak asing dengan makanan khas yang satu ini, Awug. Awug termasuk Kuliner khas sunda yang sangat legendaris karena sudah ada sejak abad XIX.

Dilansir dari Wikipedia, Awug ini merupakan makanan tradisional dari Sunda yang ternyata juga ada di Jawa. Namun berbeda dari bentuk kemasan juga rasanya.

Awug sebagai kuliner legendaris ini sangat pas jika dinikmati saat masih panas dan ditemani secangkir teh hangat tawar.

Jajanan manis ini masuk kedalam jenis jajanan pasar, makanya tak heran bila dijajakan bersama dengan jajanan tradisional lainnya.

Untuk membuat awug hanya diperlukan beberapa bahan saja, yakni tepung beras, gula merah, kelapa parut dan daun pandan sebagai pewangi.

Untuk membuatnya juga menggunakann cara yang cukup unik, yakni menggunakan kukusan yang berbentuk kerucut. Tepung beras yang sudah dicampur dengan kelapa disusun bergantian dengan gula merah yang dipotong kecil-kecil.

Dari susunan ini akhirya akan memberikan tumpukan berselang seling antara rasa gurih dan manis yang bergantian.

Ditambah lagi dengan taburan kelapa parut diatasnya membuat kuliner legendaris yang satu ini selalu dirindukan.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa rasanya, kamu bisa langsung mendatangi lima lokasi pembuat awug yang cukup terkenal di Bandung berikut ini :

1. Awug Metro

Salah satu  kuliner  legendaris adalah Awug Metro, yang sudah memiliki kios di beberapa tempat, namun pusatnya ada di Metro, tepatnya di Jl. Venus Barat, Manjahlega, Rancasari, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dilokasi ini kamu bisa melihat secara langsung pembuatan awug. Selain itu juga bisa mencicipi anega jajan pasar lainnya yang dijual dengan harga cukup ekonomis.

Untuk kemasan Awug sendiri, terbagi menjadi dua, yakni dus kecil seharga Rp10.000 dan kemasan besar Rp15.0000. Sementara itu bisa juga bila ingin dicampur dengan jajan pasar lain, bisa dalam satu dus atau kemasan besar satu nampan, yang sangat cocok untuk cemilan saat ada acara.

2. Awug beras Cibeunying

Awug beras paling legendaris di Bandung adalah awug Cibeunying ini, karena sudah ada sejak 1975.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan