Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK SNBT 2023 Terbaru

JABAREKSPRES – Berikut beberapa contoh soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK SNBT 2023 sebagai salah satu jenis ujian untuk syarat masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia.

UTBK SNBT 2023 terdiri dari tiga materi yaitu Tes Potensi Akademik (TPS), Literasi dan Bahasa Indonesia dan Inggris, dan Penalaran Matematika.

Setiap materi memiliki beberapa jenis pertanyaan yang diujikan seperti Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta lainnya.

Penilaian dalam UTBK SNBT 2023 menggunakan sistem IRT (Item Response Theory) yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan pada ujian.

Dalam IRT, setiap pertanyaan pada tes UTBK memiliki tingkat dan daya yang berbeda sehingga skor yang akan didapat juga berbeda. Soal yang lebih sulit akan mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK SNBT 2023, calon mahasiswa dapat mengerjakan soal-soal dari tahun sebelumnya, membeli buku soal UTBK, atau menggunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan latihan soal UTBK.

Latihan soal ini dapat membantu calon mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal dengan waktu yang sudah ditentukan.

Berikut kumpulan contoh soal UTBK SNBT 2023 terbaru beserta kunci jawabannya yang dapat diakses melalui berbagai sumber.

BACA JUGA: Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Bahasa Indonesia dengan Bocoran Kunci Jawaban

Contoh Soal SNBT Pengetahuan dan Pemahaman Umum 1

1)Kebudayaan Indonesia dari zaman ke zaman mengalami perubahan. (2) Perubahan ini terjadi karena faktor masyarakat yang memang menginginkan perubahan.

(3) Perubahan kebudayaan terjadi sangat cepat karena pengaruh unsur-unsur globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia. (4) Unsur globalisasi masuk tak terkendali merasuki kebudayaan nasional, yang merupakan jelmaan kebudayaan lokal yang ada di setiap daerah dari Sabang sampai Merauke.

(5)Pola hidup masyarakat masa kini dengan masa dahulu sangat berbeda. (6)Hal ini merupakan dampak arus globalisasi sehingga perlu penanganan yang lebih baik. (7) Dampak lain globalisasi adalah perkembangan teknologi canggih yang sangat membantu manusia, tetapi juga dapat menggeser nilai-nilai budaya dan sosial.

(8) Sebagai contoh, di bidang pertanian, masyarakat yang dahulu sangat menjunjung tinggi budaya gotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan sekarang cenderung menggunakan mesin mulai dari menanam hingga proses penggilingan padi. (9) Budaya gotong royong perlahan-lahan mulai dilupakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan