Pabrik Kain di Cimahi Selatan Ludes Terbakar Dini Hari Tadi

JABAR EKSPRES – Pabrik kain PT Ragam Jaya Utama di jalan Nanjung, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi ludes dilapap si jago merah pada Senin, 15 Mei 2023.

Terjadi sekitar pukul 02.55 WIB, kobaran api diduga muncul dari limbah kain dan jerigen yang berada di area gudang.

Untuk memadamkan api tersebut, tiga puluh personel serta sembilan unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat diterjunkan untuk menjinakkan api.

“Api sulit dipadamkan karena banyaknya material yang mudah terbakar. Akses masuk menuju TKP juga sempat terhambat karena terhalang forklif yang macet,” kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran Cimahi, Yadi Mulyadi, Senin 15 Mei 2023.

Yadi menjelaskan, kobaran api mulai diketahui oleh salah satu karyawan pabrik. Kencangnya angin menyebabkan api cepat membesar dan meludeskan area produksi dan gudang penyimpanan.

“Awalnya, salah satu karyawan pabrik melihat api yang sudah lumayan besar yang diduga dari limbah pabrik kain dan tumpukan kertas, ditambah tumpukan jerigen. Kemudian karyawan itu melaporkan kejadian ke kami (Mako damkar,Red). Ketika petugas sampai di TKP, api sudah membesar, lantaran banyak material yang mudah terbakar,” ucap Yadi.

Petugas pemadam kebakaran dari tiga wilayah pun terus berupaya memadamkan api. Akibat kebakaran tersebut, seluruh barang-barang di dalam area pabrik seperti kain, kayu, mesin, atap, serta alat produksi di dalam gudang dan ruang produksi hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, Kerugiam ditaksir hingga milyaran rupiah. Aktivitas pabrik pun sementara ini ditutup.

“Kami masih menyelidiki akibat kebakaran ini. Tidak ada korban jiwa karena saat kejadian tidak ada karyawan yang bekerja,” kata Kapolsek Cimahi Selatan, AKP Yudhi Arianto. (CEP).

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan