5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Menggunakan Kulkas

JABAR EKSPRES – Hampir setiap rumah pasti memiliki kulkas atau lemari es buat menyimpan persediaan makanan. Soalnya, suhu lemari es yang rendah bisa membuat makanan mentah dan matang jadi tetap segar dan layak dikonsumsi.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari karena bisa membuat kulkas jadi cepat rusak. Apa saja itu?

1.    Isi Kulkas terlalu penuh

Hal ini bisa membuat sirkulasi udara di dalam kulkas jadi terganggu. Akibatnya, lemari es pun jadi tidak akan dingin dan makanan di dalamnya cepat busuk. Untuk itu, pastikan kamu memilah dan selalu mengecek makanan yang disimpan pada kulkas, ya. Kalau sudah kedaluwarsa, lebih baik langsung membuangnya.

2.    Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Pintu kulkas memiliki karet penyegel buat menahan udara dingin saat ditutup. Namun, kalau kamu tidak rapat saat menutupnya, maka suhu udara di dalam lemari es akan naik. Bila dibiarkan, kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri sampai pembusukan makanan.

3.    Temperatur terlalu rendah

Saat  menurunkan temperatur kulkas, suhu di dalamnya akan semakin rendah. Akibatnya, seluruh makanan yang disimpan akan jadi beku, sehingga bisa kehilangan tekstur, rasa, dan nutrisinya. Idealnya, suhu lemari es harus 4,4 derajat celcius buat menjaga makanan biar tetap segar.

4.    Jarang dibersihkan

Ayo, siapa yang masih jarang membersihkan kulkas? Biasanya, lemari es yang jarang dibersihkan bisa membuat makanan terkontaminasi bakteri dan mengeluarkan bau tak sedap. Sebaiknya, bersihkan lemari es secara rutin setidaknya 3 bulan sekali, ya.

5.    Menyimpan makanan panas

Tidak semua jenis makanan bisa kamu simpan di dalam kulkas, salah satunya makanan panas. Soalnya, makanan panas bisa menyebabkan peningkatan suhu di dalam lemari es. Pastikan kamu mendiamkan makanan terlebih dahulu selama 30 menit dulu sampai suhunya menurun, barulah simpan di dalam lemari es.

Itu dia lima kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat menggunakan lemari es.  Nah, kalau kulkas kamu sudah rusak, kamu bisa membeli yang baru melalui situs belanja online ruparupa.com

Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga serta elektronik lainnya dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan