Polresta Bandung: Luncurkan Polisi RW, Bantu Permasalahan Masyarakat!

JABAR EKSPRES – Polresta Bandung kini meluncurkan program Polisi RW. Hadirnya program tersebut, sebagai upaya untuk mengurangi tindak pidana khususnya di wilayah Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo mengatakan, jika program Polisi RW ini berperan untuk membantu berbagai permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

Pihaknya pun menyebutkan, jika program Polisi RW ini sudah tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

“Saat ini, hadirnya Polisi RW, bisa mengcover 73 persen RW di Kabupaten Bandung. Kita akan terus melengkapinya step by step,” ujar Kusworo saat dihubungi, Minggu (14/5/2023).

Kusworo menjelaskan, adanya program ini untuk meningkatkan intensitas pertemuan masyarakat di setiap RW. Sehingga, apabila nantinya terjadi permasalahan, akan cepat ditangani.

“Jadi ibarat api, ketika api masih kecil akan mudah dipadamkan. Nah, begitu pula permasalahan di masyarakat. Akan lebih mudah untuk dipadamkan,” sebutnya.

Baca juga: Mangkir Sosialiasi Pengelolaan Sampah, Plh Wali Kota Bandung Geram!

Selain itu, lanjut Kusworo, dengan adanya program ini, semoga bisa menjaga keamanan agar tetap kondusif, khususnya di Kabupaten Bandung.

“Kami berharap  keamanan di Kabupaten Bandung tetap terjaga dan kondusif. Serta, restorative justice ini pun bisa semakin dirasakan,” jelasnya.

Menurut Kusworo, personel yang nantinya akan diturunkan dalam program Polisi RW ini sekitar 750 personil dan mengcover dua sampai tiga RW.

“Dimana, satu personel bisa mengcover sementara dua sampai tiga RW. Bahkan, ada yang lima RW bagi yang rumahnya memang disitu dan berdekatan,” terangnya.

Adapun Polisi RW ini akan berbeda tugasnya dengan petugas Bhabinkamtibmas yang ada di setiap daerah.

Menurutnya, tugas Polisi RW, akan dikoordinir langsung oleh Bhabinkamtibmas dan juga beberapa tokoh masyarakat.

“Jadi, Polisi RW ini akan dikoordinir oleh Bhabinkamtibmas. Karena Bhabinkamtibmas sudah mengetahui tokoh masyarakat dan tokoh agama di desanya,” ujarnya.

“Nanti, akan diinformasikan di tingkat RW masing-masing siapa (tokoh agamanya), sehingga Polisi RW bisa menyentuh terlebih dahulu kepada para tokoh-tokoh tersebut,” pungkasnya. (mg4)

Baca juga: Wagub Uu Jodohkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan