Doa Malam Jumat Lengkap, QS Yasin, Tahlil dan QS Al Kahfi

Adapun amalan yang sebaiknya dilakukan saat malam jumat adalah sebagai berikut:

1. Membaca Surat Yasin

Keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut.

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Dengan membaca Surat Yasin pada malam Jumat, dan memanjatkan doa yang menajdi keinginannya, maka apa yang menajdi hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.

Untuk membaca surat Yasin Lengkap bisa Klik Link berikut ini : LINK QS YASIN 

2. Membaca Surat Al Kahfi

Setelah membaca Surat Yasin, maka, sebaiknya dilanjutkan dengan membaca Surat Al Kahfi, sesuai dengan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh sahabat-sahabatnya, pembaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat mendapatkan beberapa keutamaan.

Dengan membaca Surat Al Kahfi, maka kita akan mendapatkan banyak keutamaan, antaranya diampuni semua dosa di antara dua Jumat, diberi ketenangan hati diantara dua Jumat, dan disinari cahaya telapak kakinya hingga ke langit kelak di hari kiamat.

Hal ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar,

“Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.”

Untuk membaca surat Al Kahfi bisa Klik Link berikut ini : LINK QS AL KAHFI

3. Memperbanyak Sholawat Nabi

Memperbanyak sholawat untuk Rosulullah merupakan amalan yang memudahkan umat Islam dalam mendapatkan suatu kebaikan. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW

“Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadits shahih).

4. Membaca Surat Al Ikhlas

Membaca Surat Al Ikhlas merupakan salah satu amalan malam Jumat yang juga sangat dianjurkan.

Menurut Imam Al Ghazali, bagi orang yang kurang fasih membaca Alquran terutama pada surat-surat panjang, dianjurkan membaca surat-surat pendek, seperti QS Al Ikhlas (Qulhu) pada malam Jumat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan